nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lab IPB Mampu Uji 180 Spesimen Swab Test Corona Per Minggu

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 09 April 2020 18:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 09 65 2196829 lab-ipb-mampu-uji-180-spesimen-swab-test-corona-per-minggu-bI3jKulfkA.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BOGOR – Laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB) telah siap menjadi tempat rujukan untuk pengujian spesimen swab tes virus corona (Covid-19).

Dalam sepekan, laboratorium tersebut mampu menguji sekitar 100 hingga 180 spesimen swab test.

"Kalau hitung-hitungan mungkin bisa sekitar 100-180 (spesimen) pe rminggu atau 5 hari kerja," kata Penanggungjawab Laboratorium IPB Srihadi Agungpriyono, kepada Okezone, Kamis (9/4/2020).

Terkait alat, lanjut Srihadi, laboratorium IPB mempunyai 4 unit RT PCR dan perlengkapan lainnya sesuai standar yang telah ditetapkan WHO.

"Kalau dari segi peralatan dan sebagainya kita selalu mengacu kepada standar yang ditetapkan WHO. Itu kan Real Time PCR untuk molikulernya kita punya tiga sampai empat alat itu," ucapnya.

ilustrasi (Dok Okezone)

Kemudian, tenaga yang akan bekerja untuk pengujian spesimen swab test berasal dari IPB yang memang sudah memiliki pengalaman di bidang penelitian.

"Tenaga dari IPB. Pada dasarnya kan ingin membantu pemerintah ya. Teman-teman IPB sih melakukan uji terhadap virus-virus lain sudah cukup sering. Tapi kan sekarang (virus corona) kita semua belum pernah, tapi sudah kita optimasi kemarin sudah ada reagen yang kita cek dengan sampel negatif dan postif hasilnya oke dan nanti tinggal berjalan," tutur Srihadi.

Di sisi lain, terkait dimulainya pengujian spesimen masih menunggu beberapa legal aspek yang harus dipenuhi demi keamanan dan keselamatan semua.

"Secara teknis siap, tapi ada beberapa legal aspek yang kita tunggu juga supaya semuanya aman. SK wali kota sudah kita terima, masih nunggu aproval dari komisi bio resiko supaya aspek keselamatan kalau nanti jalan sudah lengkap standar-standar seperti WHO sampaikan. Mungkin minggu depan," tuturnya.

Sebelumnya, laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB) dijadikan tempat menguji spesimen virus corona (Covid-19) setelah mendapat surat keputusan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Hal itu pun tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Wali Kota Bogor yang ditandatangi Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim Nomor 440.45-254 Tahun 2020 tentang Penetapan Laboratorium Collaborative Reserach Center IPB Dalam Rangka Pengujian Diagnostik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Bogor pada Rabu 8 April 2020 kemarin.

"SK tanggal kemarin tapi teknisnya mulai hari ini bisa dipakai," kata Dedie, dikonfirmasi, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga : Laboratorium IPB Kini Bisa Uji Spesimen Covid-19

Ia berharap adanya lab uji IPB dapat mempercepat proses pengolahan sampel spesimen swab tes warga Kota Bogor yang sebelumnya diserahkan ke Litbangkes Kemenkes dan Labkesda Jawa Barat.

"Diharapkan mempercepat proses pengolahan sample specimen swab test yang selama ini masih harus dikirim ke Jakarta atau Bandung," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini