Gubernur Sumbar Usulkan Penerapan PSBB di Padang dan Bukittinggi

Rus Akbar, Okezone · Senin 13 April 2020 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 340 2198570 gubernur-sumbar-usulkan-penerapan-psbb-di-padang-dan-bukittinggi-GBj62WS8Bb.jpg Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat rapat percepatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (13/4/2020). (Foto : Okezone.com/Rus Akbar)

PADANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan mengusulkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Padang dan Kota Bukittinggi ke pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan, usulan penerapan PSBB di dua wilayah tersebut lantaran banyak ditemukan kasus virus corona (Covid-19).

“Dari hasil kajian kita untuk PSBB, Padang dan Bukittinggi yang mungkin memenuhi syarat. Sementara untuk 17 kabupaten dan kota lainnya dianggap belum memenuhi syarat,” ucapnya di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Senin (13/4/2020).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat rapat percepatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 masuk wilayah Sumbar di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Senin (13/4/2020). (Okezone.com/Rus Akbar)

Untuk mengusulkan PSBB ke Kemenkes berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Syarat itu saat ini sedang dikaji berbagai pihak, termasuk akademisi dan Badan Litbang Sumbar.


Baca Juga : Airin Ungkap Alasan PSBB di Tangsel Dimulai Sabtu 18 April

Banyak kategori yang harus dikaji, di antaranya syarat jumlah peningkatan pasien positif Covid-19. Sampai hari ini, terdapat 45 pasien positif Covid-19 di Sumbar. Dari jumlah itu, pasien positfi Covid-19 paling banyak ditemukan di Kota Padang dan Bukittinggi.

Baca Juga : Penjelasan Gugus Tugas soal Belum Disetujuinya Usulan PSBB Sejumlah Daerah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini