Tanggapi Trump, Sekjen PBB: Ini Bukan Waktunya Kurangi Dana WHO

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 15 April 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 18 2199445 tanggapi-trump-sekjen-pbb-ini-bukan-waktunya-kurangi-dana-who-HZzBB4Pdsc.jpg Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (Foto: Reuters)

NEW YORK – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan "bukan waktunya" untuk mengurangi dana ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau organisasi lain yang memerangi pandemi.

Hal itu disampaikan Guterres merespons komentar Presiden Amerika Serikat (AS) yang menyatakan akan menahan dana untuk WHO, setelah menuntut pertanggungjawaban organisasi itu atas pandemi virus corona (COVID-19) yang terjadi.

"Sekarang adalah waktu untuk persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja bersama dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan," kata Guterres dalam sebuah pernyataan yang dilansir Al Jazeera, Rabu (15/4/2020).

Sebelumnya, Trump mengatakan telah menginstruksikan pemerintahannya untuk menghentikan pendanaan untuk WHO, menyebut organisasi itu gagal dalam tugasnya merespons pandemi virus corona. Dia juga menuntut WHO bertanggungjawab atas dampak pandemi karena dianggap telah menutup-nutupi penyebaran virus itu setelah muncul di China. 

AS adalah salah satu negara yang terkena dampak paling parah dari pandemi virus itu dengan 592.743 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan 25.239 kematian, hingga Selasa, 14 April 2020. Trump mendapat kritik dari dalam negeri mengenai cara pemerintahannya menanggapi wabah Covid-19 di AS.

Sejauh ini belum ada komentar dari WHO tentang langkah yang diambil Trump tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini