Kim Jong-un Dilaporkan dalam Kondisi Kritis, Ini Tanggapan Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 22 April 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 18 2203033 kim-jong-un-dilaporkan-dalam-kondisi-kritis-ini-tanggapan-trump-DAZoMTy39F.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meragukan laporan bahwa pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengalami sakit parah setelah operasi. Dia menyindir keras kantor berota CNN, yang pertama kali melaporkan kondisi Kim, sementara mengirim ucapan doa baik kepada sang pemimpin Korea Utara.

"Jadi saya hanya harus mengatakan kepada Kim Jong-un, saya berharap dia bernasib baik," kata Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih pada Selasa (21/4/2020). Dia kembali mengatakan bahwa dia memiliki "hubungan yang sangat baik" dengan Kim tetapi menekankan bahwa dia tidak bisa mengonfirmasi apakah laporan itu benar. 

“Mereka muncul dengan laporan medis yang sangat, sangat serius, tidak ada yang mengonfirmasi itu. Itu CNN. Ketika CNN mengeluarkan sebuah laporan, saya tidak menaruh terlalu banyak kepercayaan terhadapnya,” kata Trump sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (21/4/2020).

Sebelumnya, muncul isu yang beredar di media AS dan Korea Selatan, menyebutkan bahwa Kim Jong-un dalam kondisi kesehatan yang “sangat berbahaya” setelah menjalani operasi jantung. Klaim tersebut pertama kali dibuat di Daily NK, sebuah outlet yang berbasis di Seoul yang berfokus pada berita Korea Utara, dan kemudian digaungkan oleh CNN, yang mengutip seorang pejabat AS dengan pengetahuan langsung mengenai isu tersebut.

Pejabat Korea Selatan dan China telah menolak laporan mengenai kondisi Kim Jong-un itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini