Pasca-Kericuhan, Ratusan Anggota Polri/TNI Berjaga-jaga di Lapas Sorong

Chanry Andrew S, iNews.id · Kamis 23 April 2020 14:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 23 340 2203711 pasca-kericuhan-ratusan-anggota-polri-tni-berjaga-jaga-di-lapas-sorong-SwL57VTkNf.jpg Petugas saat menjaga Lapas Sorong (foto: ist)

SORONG - Ratusan personel gabungan TNI/Polri bersenjata lengkap masih melakukan pengamanan ketat, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong hingga Kamis (23/4/2020).

Hal itu guna mengantisipasi kericuhan yang dilakukan oleh ratusan narapidana di dalam Lapas Kelas IIB Sorong kembali terjadi.

Sebelumnya, dilaporkan kericuhan pecah di dalam Lapas Kelas IIB Sorong, pada Rabu 22 April 2020 malam. Kericuhan pecah karena para napi menuntut agar mereka bisa ikut dibebaskan dalam program asimilasi Kemenkum HAM RI, untuk pencegahan Covid-19. Para narapidana ini juga sempat melakukan pembakaran di dalam Lapas.

Sementara itu, pasca kericuhan dari informasi yang di dapatkan, sebanyak 6 orang narapidana berhasil melarikan diri. Dari 6 orang narapidana yang kabur, 2 diantaranya berhasil ditangkap dan dimasukkan kembali ke dalam Lapas.

 Lapas

Kapolres Sorong Kota AKBP, Ary Nyoto Setiawan membenarkan adanya narapidana yang melarikan diri tersebut, dan mengatakan dua orang diantaranya sudah di tangkap.

“Memang ada yang kabur, tapi sudah ditangkap. Yang kabur empat orang, tapi semuanya sudah tertangkap,” ungkapnya di Lapas Sorong, Kamis (23/4/2020).

Menurut Ary Nyoto, pada dasarnya ratusan tahanan dan narapidana meminta perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda), menyangkut keselamatan dan kesehatan dari wabah Virus Covid-19

“Tadi kami sudah melakukan negosiasi dan menampung aspirasi mereka. Intinya mereka minta perhatian dari Pemerintah terkait dengan wabah Covid-19. Kami juga sudah menyampaikan bahwa Pemda akan menjamin kesehatan mereka, karena merasa khawatir dengan kesehatannya selama didalam. Mereka meminta agar ada petugas kesehatan yang masuk kedalam Lapas untuk melakukan pemeriksaan khususnya pemeriksaan terkait corona,” tegasnya.

Ary membeberkan, ia juga sudah menghubungi Wali Kota Sorong untuk mendatangkan petugas dari Dinas Kesehatan dan melakukan pemeriksaan rapid test, kepada para napi yang masih berada didalam Lapas.

“Situasi di dalam Lapas, sekarang sudah aman dan kondusif. Nanti rencananya setelah ini akan dilakukan pemeriksaan rapid test bagi warga binaan,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kapolres Sorong kota bersama Kepala Lapas Kelas IIB Sorong dengan ratusan narapidana dan tahanan masih melakukan negosiasi.

Ratusan personel dari Polres Sorong Kota yang diback up dari Polres Sorong dan Brimob Yon B Pelopor serta tni yang dilengkapi dengan tameng, melakukan pengamanan ketat di sekitar Lapas.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini