nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Karier Cemerlang Bersama Universitas Gunadarma

Wilda Fajriah, Okezone · Sabtu 25 April 2020 14:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 25 65 2204770 karier-cemerlang-bersama-universitas-gunadarma-BAvjkjaA0U.jpg ilustrasi: freepik

WABAH virus Corona Covid-19 berdampak pada aktivitas belajar. Tidak hanya di sekolah, tapi juga perguruan tinggi. Aktivitas belajar yang dilakukan mahasiswa pun harus dilakukan secara online agar dapat mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19.

Seperti halnya Universitas Gunadarma (UG), yang mulai 12 Maret 2020 menerbitkan Surat Keputusan Rektor yang menjadi landasan formal untuk penyusunan protokol kesehatan di UG, dan pedoman bagi satuan kerja di UG untuk membuat kebijakan dan prosedur sesuai kewenangannya.

Menurut Prof. Budi Hermana Kepala BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) Universitas Gunadarma, pada tanggal 13 Maret dokumen protokol kesehatan dirilis dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Dua surat edaran ke civitas akademika pun sudah diterbitkan pada tanggal 13 dan 17 Maret, yang intinya adalah layanan pembelajaran dan informasi akademik secara daring dengan berbagai platform yang sudah dikembangkan sebelumnya di UG. Sebagai bentuk implementasinya, yaitu:

1. UG memproduksi desinfektan dan hand sanitizer di bawah koordinasi program studi farmasi. Sarana tersebut digunakan untuk penerapan protokol kesehatan di lingkungan kampus, serta sumbangan ke beberapa mitra eksternal.

2. UG sedang mengembangkan ventilator portable dengan bekerjasama dengan industri. Beberapa program studi yang terlibat adalah kedokteran, teknik informatika, dan program studi lainnya yang mendukung otomatisasi dan sistem monitoring real time dari ventilator tersebut

3. Sejak tanggal 18 Maret, UG sudah menerapkan pembelajaran jarak jauh melalui virtual class (vclass.gunadarma.ac.id) secara penuh sebagai pengganti metode tatap muka di kelas.

4. Semua layanan data akademik dapat diakses daring melalui student digital locker (studentsite.gunadarma.ac.id) dan sistem informasi akademik terpadu, dengan didukung oleh layanan online helpdesk.

5. Sistem penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara full online melalui https://pendaftaran.gunadarma.ac.id

Sejak 1 April 2020 UG sudah meluncurkan https://pendaftaran.gunadarma.ac.id sebagai sistem penerimaan mahasiswa secara full online yang memungkinkan calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus sebagai bentuk kepedulian UG untuk mematuhi physical distancing.

“Kriteria seleksinya berdasarkan nilai rapor. Sistem tersebut menyediakan berbagai skema pembayaran dengan kemudahan prosedur, penyediaan potongan biaya kuliah selama periode Covid-19, serta beberapa pilihan program studi yang uang kuliahnya disesuaikan dengan prestasi akademik yang tertuang dalam rapor,” jelas Prof. Budi.

Sistem tersebut juga dilengkapi online chat atau online helpdesk jika ada pertanyaan atau pendaftar memerlukan bantuan teknis dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mahasiswa lama, pemutakhiran data akademik, misalnya pengisian KRS dan daftar ulang, sudah menggunakan sistem daring atau online. Layanan tersebut bisa diakses melalui satu pintu, yaitu melalui loker digital mahasiswa yang dapat diakses di studentsite.gunadarma.ac.id.

Beberapa fitur lainnya pada loker digital tersebut adalah melihat nilai akademik, permohonan surat keterangan secara daring, pengisian KRS online, pengisian portofolio mahasiswa, pengisian Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), dan lainnya. “Akun loker digital mahasiswa juga sekaligus dapat mengakses virtual class karena UG menerapkan single signon policy,” ungkap Prof. Budi.

Ia menambahkan, selain penerimaan mahasiswa baru melalui jalur full online di pendaftaran.gunadarma.ac.id dengan potongan uang kuliah selama periode tetentu, UG sebelumnya sudah menawarkan skema beasiswa melalui jalur berikut:

1. Beasiswa PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dengan bekerja sama dengan beberapa sekolah untuk siswa berprestasi. Proses ini sudah dilakukan dan tinggal menunggu pengumuman

2. Pemberian beasiswa bagi siswa yang mengikuti kegiatan try out di UG, yang juga diberikan potongan uang kuliah

4. Beasiswa penuh untuk program studi baru, seperti farmasi, agroteknologi, ekonomi syariah, pariwisata, disain interior, dan sastra Tiongkok. Prosesnya sudah berjalan dan tinggal tahap akhir atau pengumuman.

5. Mahasiswa baru yang sudah membayar uang kuliah dan daftar ulang, juga diberi peluang untuk mendapatkan beasiswa berprestasi pada semester berikutnya jika mempunyai prestasi tinggi sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh UG

Career Center Universitas Gunadarma

UG juga menerapkan career center, yakni layanan khusus kepada lulusan yang menerapkan prinsip job matching. Layanan daring career centeryang dapat diakses melalui career.gunadarma.ac.id. Sistem tersebut pada dasarnya merupakan basis data alumni UG yang sudah lebih dari 100 ribu alumni. Sistem tersebut sudah ada sejak tahun 2000-an dan pernah memperoleh hibah dari Asian Development Bank melalui Technological and Professional Skill Development Project (TPSDP).

Perusahaan dapat mengakses career center setelah proses verifikasi, untuk memberikan informasi lowongan kerja atau memberikan umpan balik ke UG melalui e-tracer study. Fitur e-tracer study juga dapat diisi oleh lulusan. E-tracer study tersebut merupakan salah satu masukan dalam pengembangan kurikulum atau proses pengembangan pendidikan di UG. Selain layanan daring, career center juga memfasilitasi kegiatan job fair secara rutin, penyaluran lulusan berdasarkan skema kerjasama dengan perusahaan, serta layanan jasa konsultasi kepada mitra eksternal dalam seleksi karyawan.

Bagaimana prosedur menggunakan careercenter? Untuk lulusan UG, pencatatan basis data lulusan dimulai ketika mahasiswa mau mendaftar sidang akhir. Mereka harus mengaktivasi akun di career center sebagai salah satu syarat untuk mengikuti sidang akhir. Setelah lulus, alumni dapat memutakhirkan data diri atau informasi pekerjaaanya secara onlinedengan menggunakan akun dan password yang diperoleh pada saat aktivasi pertama kali.

Untuk perusahaan, careercenter memberikan akun dan layanan secara gratis setelah perusahaan melakukan regristasi di http://career.gunadarma.ac.id. UG akan melalukan proses otentifikasi atau validasi terhadap permohonan tersebut sebelum memberikan akun kepada perusahaan agar dapat login dan memanfaatkan layanan di career center.

Dua pengguna utama dari career center adalah lulusan UG dan perusahaan. Kedua pengguna tersebut harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Situs web dari career center pada dasarnya terbuka untuk publik sehingga beberapa informasi umum dapat dilihat, termasuk pengisian e-tracer study. (Fmi)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini