Pemerintah Korsel: Kim Jong-un dalam Keadaan "Hidup dan Sehat"

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 27 April 2020 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 18 2205353 pemerintah-korsel-kim-jong-un-dalam-keadaan-hidup-dan-sehat-3FJRXrX7SV.jpg Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: KCNA)

SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un masih "hidup dan sehat", demikian diungkapkan seorang penasihat keamanan bagi Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, membantah rumor tentang kesehatan Kim yang beredar sepekan terakhir. 

"Posisi pemerintah kita tegas," kata penasihat khusus Moon tentang keamanan nasional Moon Chung-in, dalam sebuah wawancara dengan CNN pada Minggu (26/4/2020). "Kim Jong Un masih hidup dan sehat."

Penasihat itu mengatakan bahwa Kim telah tinggal di Wonsan, kota resor di timur Korea Utara, sejak 13 April.

"Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," tambahnya sebagaimana dilansir AFP.

Spekulasi tentang kesehatan Kim telah berkembang sejak ketidakhadirannya di perayaan ulang tahun kakeknya, pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April. Perayaan itu dianggap sebagai salah satu hari terpenting dalam kalender Korea Utara.

Kim belum muncul di depan umum sejak memimpin rapat politbiro Partai Pekerja pada 11 April, dan hari berikutnya media pemerintah melaporkan dia memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Ketidakhadirannya telah mengeluarkan serangkaian laporan media yang belum dikonfirmasi mengenai kondisinya, yang sebelumnya para pejabat di Seoul membantahnya.

"Kami tidak memiliki apa-apa untuk mengonfirmasi dan tidak ada gerakan khusus yang terdeteksi di dalam Korea Utara sampai sekarang," kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

Daily NK, outlet media daring yang sebagian besar dijalankan oleh pembelot Korea Utara, telah melaporkan Kim dalam pemulihan setelah menjalani operasi kardiovaskular awal bulan ini. Mengutip sumber yang tak disebutkan namanya di Korea Utara, Kim, dilaporkan membutuhkan perawatan mendesak karena merokok berat, obesitas, dan kelelahan.

Setelah itu, CNN melaporkan bahwa intelijen AS mengamati laporan bahwa kesehatan Kim dalam kondisi buruk dan nyawanya terancam. Namun, laporan itu telah dibantah oleh sejumlah pihak.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini