Punya Dugaan Tentang Keberadaan Kim Jong-un, Trump: Saya Harap Dia Baik-baik Saja

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 28 April 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 18 2205936 punya-dugaan-tentang-keberadaan-kim-jong-un-trump-saya-harap-dia-baik-baik-saja-VFNU8lItXS.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Senin (27/4/2020) mengatakan bahwa ia memiliki dugaan yang bagus tentang keadaan Kim Jong-un dan berharap ia baik-baik saja. Hal itu disampaikan Trump setelah spekulasi mengenai kesehatan dan keberadaan Pemimpin Korea Utara itu menjadi pembicaraan utama dalam beberapa hari terakhir.

Daily NK, situs web yang berbasis di Seoul, pekan lalu melaporkan bahwa Kim pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April, mengutip satu sumber tanpa nama di Korea Utara. 

Sebuah kereta khusus yang mungkin milik Kim terlihat di kota peristirahatan Wonsan di Korea Utara, dalam citra satelit pekan lalu yang diselidiki oleh 38 North, sebuah proyek pemantauan Korea Utara yang berbasis di Washington.

"Saya tidak bisa memberitahumu dengan tepat," kata Trump ketika ditanya tentang kondisi Kim di konferensi pers Gedung Putih sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (28/4/2020).

"Ya, saya punya dugaan yang sangat bagus, tapi saya tidak bisa membicarakannya sekarang. Saya hanya berharap dia baik-baik saja."

Trump menyarankan bahwa misteri mengenai keberadaan Kim Jong-un akan segera selesai.

"Saya harap dia baik-baik saja. Saya tahu bagaimana dia berbicara secara relatif. Kami akan melihat - Anda mungkin akan mendengar dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Trump.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini