Sejumlah ODP di Purworejo Tolak Bantuan Pemkab karena Merasa Mampu

krjogja.com, · Sabtu 02 Mei 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 512 2208147 sejumlah-odp-di-purworejo-tolak-bantuan-pemkab-karena-merasa-mampu-j9IoAn1npL.JPG Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti (Foto: KRjogja)

PURWOREJO – Sejumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menolak bantuan logistik yang disalurkan Dinas Sosial Kependudukan KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemkab Purworejo, Jawa Tengah.

Mereka tidak menerima lantaran merasa berasal dari keluarga mampu dan bisa mencukupi kebutuhan logistik selama menjalani karantina mandiri di rumah. ODP tersebut juga meminta bantuan logistik dialihkan untuk masyarakat lain yang lebih membutuhkan.

“Mereka berterima kasih karena merasa diperhatikan, tetapi tidak mau menerima karena merasa tidak layak menerima. Mereka sampaikan agar bantuan dialihkan,” ungkap Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, mengutip KRjogja, Sabtu (2/5/2020).

Pemkab, kata dia, mengapresiasi warga tersebut dan menghargai langkah mereka yang menolak bantuan. Langkah tersebut kata dia, dapat mengurangi tingkat kecemburuan sosial di masrakat.

Meski begitu, dia meminta ODP yang menolak menerima bantuan tetap mendapat perhatian lebih. Mereka, lanjut Yuli, harus tetap didampingi dan dipantau karena siapa tahu memerlukan bantuan lainnya.

Ilustrasi

“Pantau terus kesehatannya sampai nanti selesai masa pemantauan dan kami harap ODP disiplin mengisolasi diri di rumah,” papar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Purworejo, Kelik Susilo Ardani berujar bahwa adanya warga yang berbesar hati menolak bantuan bisa jadi edukasi bagi masyarakat Purworejo.

“Ada ketulusan di sini, bahwa saat mereka menjadi terbatas karena status ODP, ternyata masih berpikir untuk orang lain,” ujar Kelik.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini