Cerita Guru Manfaatkan TikTok sebagai Sarana Mengajar Siswa Selama Wabah Covid-19

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 02 Mei 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 65 2208120 cerita-guru-manfaatkan-tiktok-sebagai-sarana-mengajar-siswa-selama-wabah-covid-19-kg1Wm7d6p4.JPG Guru SD Muhammadiyah 1 Muntilan, Magelang, Jateng, Titik Nur Istiqomah (Foto: YouTube/@BNPB Indonesia)

JAKARTA - Beragam cara dilakukan para guru kepada siswanya agar kegiatan belajar mengajar dari rumah tetap berjalan secara efektif selama wabah virus corona (Covid-19) melanda.

Seperti halnya dilakukan oleh Titik Nur Istiqomah yang merupakan guru SD Muhammadiyah 1 Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Ia menggunakan aplikasi TikTok sebagai salah satu media pembelajaran bagi para siswanya.

“Nah, kemudian kita memberikan pengertian kepada orangtua dan anak bahwa yang namanya belajar itu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Untuk melakukan itu semua kami menggunakan berbagai media, kami pernah menggunakan TikTok,” kata Titik dalam konferensi pers via live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Baca juga: Hardiknas saat Pandemi Corona, Momentum Orangtua Dampingi Anak Belajar di Rumah

Titik menerangkan alasan mengapa dirinya menggunakan TikTok sebagai salah satu metode mengajar siswanya. Sebab kata dia, aplikasi tersebut sedang digandrungi. Terlebih kegiatan belajar mengajar mengharuskan secara virtual di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Ilustrasi

"Kami gunakan (TikTok) karena anak-anak kami itu senang sekarang media sosial dan tidak ada salahnya kita menggunakan TikTok sebagai media pembelajaran,” ucap Titik.

Lebih jauh dirinya menekankan bahwa saat situasi pandemi corona, dunia pendidikan mau tidak mau harus mengandalkan kecanggihan teknologi.

“Jadi, mau tidak mau pendidikan memang sangat mengandalkan teknologi dan kita tidak bisa melupakan (hubungan erat) antara teknologi dengan pendidikan selama ini,” tutup dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini