Kim Jong-un Kembali Muncul, Trump: Saya Senang Dia Baik-baik Saja

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 03 Mei 2020 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 03 18 2208386 kim-jong-un-kembali-muncul-trump-saya-senang-dia-baik-baik-saja-vCU6wmRBVj.jpg Presiden AS Donald Trump bersama Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat menyeberangi zona demiliterisasi, 30 Juni 2019. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Sabtu (3/5/2020) menyambut baik munculnya kembali Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un setelah absen selama beberapa pekan dan memunculkan spekulasi tentang kesehatannya.

Media Korea Utara melaporkan Kim memotong pita pada sebuah upacara menandai penyelesaian pabrik pupuk pada Jumat (1/5/2020). Dalam foto-foto yang beredar, terlihat tersenyum dan berbicara dengan stafnya dan juga melakukan tur pabrik. Keaslian foto itu tidak dapat diverifikasi.

Sebelum kemunculannya itu keberadaan Kim tidak diketahui sejak dia memimpin pertemuan pada 11 April, memicu spekulasi bahwa dia sakit parah.

"Saya, pertama-tama, senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja!" kata Trump dalam sebuah cuitan di Twitter pada Sabtu.

Trump telah berulangkali menyebut Kim sebagai teman dan telah tiga kali bertemu Pemimpin Korea Utara itu, membujuknya untuk melakukan denuklirisasi.

Sumber pemerintah AS yang akrab dengan pelaporan intelijen mengatakan Washington sangat yakin Kim masih hidup, tetapi belum dapat mengonfirmasi foto-foto itu diambil pada Jumat, atau menjelaskan mengapa dia tidak terlihat selama berminggu-minggu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini