nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laman Guru Berbagi, untuk Anak Didik dan Guru yang Lebih Kreatif

Wilda Fajriah, Okezone · Minggu 03 Mei 2020 14:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 03 65 2208472 laman-guru-berbagi-untuk-anak-didik-dan-guru-yang-lebih-kreatif-eylfQf94g0.jpg Foto: Kemendikbud

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), beberapa waktu lalu meluncurkan laman guruberbagi.kemdikbud.go.id guna menunjang kebutuhan para guru di Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran berbasis daring (online) pada masa darurat Corona Virus Disease (Covid-19).

“Sejak ramai Virus Covid-19 ini, banyak yang mempertanyakan, bagaimana kesiapan Kemendikbud soal arahan belajar online ini. Nah, kami meluncurkan laman ini untuk membantu para guru dalam mempraktikkan kegiatan belajar mengajar melalui online. Di sini para guru bisa saling bertukar informasi, bagaimana cara mengajar berbasis online ini,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Praptono.

Ia menjelaskan, laman ini hadir sebagai ruang berbagi ide dan praktik baik yang akan menunjang pembelajaran selama belajar dari rumah (BDR) atau selama masa darurat. Menurut Praptono, laman Guru Berbagi dapat mendorong ide kreatif dalam proses pembelajaran oleh guru selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung. Laman ini dapat menyediakan ruang bagi para guru untuk saling berbagi RPP.

Dengan adanya laman guruberbagi.kemdikbud.go.id, guru dan penggerak pendidikan dapat saling berbagi melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan inspirasi praktik pendidikan, khususnya pendidikan jarak jauh saat dianjurkan untuk belajar dan mengajar di rumah.

Salah satu sekolah di Bali, SMA N 1 Kota Utara, Badung, Bali telah menerapkan sistem belajar online kepada anak muridnya. Menurut I Gusti Nyoman selaku Kepala Sekolah mengungkapkan, kegiatan belajar mengajar di tempatnya berjalan sangat efektif.

Menurutnya, kegiatan belajar online lebih menarik dan anak-anak lebih kreatif, karena memiliki waktu lebih lama dari pada di sekolah. “Namun di sini guru memang dituntut harus lebih kreatif dalam kegiatan mengajar. Ternyata anak didik di sini lebih kreatif. Dalam kegiatan belajarnya dibutuhkan inovasi dari para guru, agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Program Belajar Dari Rumah (BDR)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghadirkan tayangan-tayangan edukatif melalui program “Belajar dari Rumah” (BDR) yang ditayangkan di TVRI. Program tayangan pembelajaran di televisi ini sudah berlangsung sejak 13 April 2020 setelah para siswa baik, SD, SMP atau SMA belajar di rumah karena pademi Covid-19.

Kepala Biro Komunikasi & Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Evy Mulyani mengatakan, program tayangan pembelajaran yang ditayangkan di TVRI adalah sebagai sarana pembelajaran alternatif selama masa pandemi Covid-19.

Program belajar dari rumah berkaitan dengan berbagai materi pembelajaran mulai dari PAUD, pendidikan dasar, hingga menengah. Tidak hanya program Belajar dari Rumah (BDR), memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menayangkan peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan mengangkat tema “Belajar dari Covid-19” di stasiun televisi milik pemerintah.

Acara ini akan ditayangkan langsung di kanal YouTube @KEMENDIKBUD RI dan @tvrinasional pada Sabtu 2 Mei 2020 pukul 19.00 WIB. Peringatan Hardiknas tahun 2020 ini menjadi hal yg berbeda dari tahun sebelumnya, akan dimeriahkan oleh presenter kondang Najwa Shihab dan beberapa artis ternama Indonesia.

Artis-artis tersebut diantaranya Tulus, Sabyan, Rizky Febian, Vidi Aldiano, Rinni Wulandari, Naura, Lyodra, Gitabumi Voices, dan Bina Vokalia. Sedangkan yang bertindak sebagai pemandu acara adalah Temmy Rahadi dan Aubry Beer.

Jangan lupa untuk menyaksikan acara tersebut di rumah saja, tetap stay at home dan stay healthy ya! (cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini