Korea Utaran dan Korea Selatan Kontak Senjata di Perbatasan

Agregasi BBC Indonesia, · Senin 04 Mei 2020 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 18 2208743 korea-utaran-dan-korea-selatan-kontak-senjata-di-perbatasan-GonPwtccA7.jpg Perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. (Foto/The Sun)

SEOUL - Korea Utara dan Korea Selatan saling melepas tembakan di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara.

Tembakan yang dilepaskan oleh Korea Utara pada pukul 07:41 (05:41 WIB) menghantam pos penjagaan Korea Selatan di kota perbatasan Cheorwon, kata pernyataan militer di Seoul.

Tidak ada korban yang dilaporkan dari pihak Korea Selatan.

Sebagai tanggapan, Korea Selatan menembakkan "dua rentetan tembakan dan memberikan peringatan sesuai dengan manual kami", kata pernyataan dari militer itu.

Kim Jong-un muncul

Setelah sekian minggu spekulasi yang menyebutkan bahwa kesahatan Kim Jong-un menurun bahkan diisukan meninggal, kantor berita negara Korea Utara (KCNA), mengutip Reuters melaporkan pada Sabtu, (2/5/2020), pemimpin Korut tersebut menghadiri peresmian pabrik pupuk di Pyongyang.

Kim Jong-un terakhir dilaporkan di hadapan publik pada 11 April.

“Kim memotong pita pada upacara pada Jumat dan mereka yang menghadiri acara tersebut berteriak suka cita hooraaaiii! Untuk Pemimpin Tertinggi yang memimpin semua warga untuk mencapai tujuan kemakmuran”.

Foto/KCNA

Laman surat kabar Rodong Sinmun merilis foto-foto Kim Jong-un yang memperlihatkan dia tersenyum dan berbicara dengan pejabat Korut saat upacara pemotongan pita dan juga tur pabrik.

KCNA melaporkan, dalam penampilannya di pabrik pupuk, Kim menyatakan kepuasannya tentang sistem produksi dan mengatakan pabrik tersebut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan industri kimia dan produksi pangan negara itu.

Kim didampingi oleh beberapa pejabat senior Korea Utara, termasuk adik perempuannya, Kim Yo Jong.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini