Kim Jong-un Beri Selamat Atas Kemenangan China Lawan Virus Corona

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 13:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 08 18 2211002 kim-jong-un-beri-selamat-atas-kemenangan-china-lawan-virus-corona-JRaKegT9FR.jpg Kim Jong-un. (Foto/KCNA/NK News)

SEOUL – Kantor berita Korea Utara (KCNA) melaporkan bahwa Kim Jong-un mengirimkan pesan verbal kepada Xi Jinping terkait kemenangan China melawan virus corona.

"Kim Jong-un dalam pesannya menyampaikan salam hangatnya kepada Xi Jinping dan memberi selamat kepadanya, sangat menghargai berhasil menang melawa perang melawan epidemi yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata KCNA mengutip Reuters, Jumat (8/5/2020).

Kim berharap kesehatan Presiden Xi baik dan mengatakan hubungan antara Korut dan China terkonsolidasi dengan kuat.

Korea Utara mengklaim tidak memiliki kasus virus corona, tetapi memperkuat pemeriksaan di perbatasan dan melakukan langkah-langkah anti-epidemi.

Kecam latihan militer

Terpisah, KCNA juga melaporkan bahwa perwakilan militer Korea Utara mengecam latihan militer Korea Selatan baru-baru ini.

Korea Utara merujuk latihan militer oleh Komando Tempur Udara Republik Korea (ROKAF) pada Rabu, dan mengatakan latihan tersebut melanggar perjanjian antar-Korea yang bertujuan mengurangi ketegangan militer.

"Semuanya sekarang akan kembali ke titik awal sebelum pertemuan puncak utara-selatan pada 2018," kata pernyataan itu.

Pada Minggu, Korea Selatan mengatakan pasukan Korea Utara menembakkan beberapa tembakan ke arah pos penjagaan Korea Selatan di Zona Demiliterisasi (DMZ), yang memisahkan kedua negara.

Pasukan Korea Selatan merespons dengan menembakkan tembakan peringatan, tetapi tidak ada korban yang dilaporkan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, tembakan yang ditembakkan oleh Korea Utara kemungkinan "tidak disengaja".

(fzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini