Antisipasi Lonjakan Pasien, RSUD Beriman Balikpapan Tambah Ruangan Isolasi Covid-19

Amir Sarifudin , Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 340 2210996 antisipasi-lonjakan-pasien-rsud-beriman-balikpapan-tambah-ruangan-isolasi-covid-19-pYwqO6fcxv.jpg RSUD Beriman Balikpapan tambah ruang isolasi untuk antisipasi melonjaknya pasien corona. (Foto : Okezone.com/Amir Syarifuddin)

BALIKPAPAN – Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah pasien virus corona (Covid-19), RSUD Beriman Balikpapan menambah 4 ruangan baru. Ruangan itu diperuntukkan guna merawat pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien positif.

Ruang Akasia untuk merawat pasien Covid-19 sesuai standar seperti bertekanan negatif dan ventilator. Sementara Ruang Ebony diperuntukkan PDP yang menunggu konfirmasi.

Peresmian ruangan dan program bagi pasien Covid-19 ini dilakukan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di RSUD Beriman, Jumat pagi (8/5/2020).

Rizal berharap tidak ada penambahan pasien. Kalaupun ada, saat ini masih bisa diantisipasi. RSUD Berimanan memiliki 14 ruangan merawat pasien khusus Covid-19 di lantai III. Dari 14 ruang itu mampu menampung 24 orang.

“Mudah-mudahan jangan bertambah. Tapi, ini sangat penting. Kemarin kita hampir kekurangan tempat untuk PDP, guest house kita hampir penuh juga. Dengan adanya ini kita lebih tenang, ada tempat PDP lebih banyak dan untuk positif lebih siap dan kita bisa antisipasi tambahan. Ini sangat kita butuhkan,” katanya.

Awalnya ruangan yang ada belum memenuhi syarat. Namun. kata Rizal, sekarang sudah ada empat ruangan yang memiliki tekanan negatif.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di RSUD Beriman (Foto : Okezone.com/Amir Syarifudin)

“Tadi awalnya tidak memenuhi syarat sekarang sudah bertekanan negatif dan tinggal nunggu ventilatornya,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Kepala RSUD Beriman Balikpapan dr Ratih Cokorda menambahkan sejak merebak corona, RSUD Beriman sudah melayani ODP sebanyak 127, PDP ada 10 pasien.

“Dari 10 PDP itu empat terkonfirmasi positif dan enam negatif. Semua pasein positif dirawat disini, tidak ada pelimpahan ke RSKD selama bisa dilakukan di sini, kecuali ada tindakan lanjutan yang tidak ada fasilitas penunjangan seperti CT Scan, ya harus dirujuk. Tapi kami maksimalkan pelayanan di sini,” tuturnya.

RSUD milik Pemkot Balikpapan juga memiliki ruang isolasi Covid-19 yang sudah bertekanan negatif, ruang dekontaminasi, filter, dan ruangan khusus petugas ganti APD dan fasilitas pembuangan limbah rumah sakit.

Baca Juga : Santri Temboro di Aceh Kembali Dinyatakan Sembuh dari Corona

Dia mengaku sudah siap jika ada penambahan lonjakan pasien. Di RSUD saat ada 18 tempat tidur yang disiapkan dengan jumlah 14 ruangan.

“Maksimal 1 ruangan dua tempat tidur. Antisipasi kita tambah tempat tidur kalau ada lonjakan. Lantai 3 itu khusus Covid layanan tersentral,” tuturnya.


Baca Juga : Lima Santri Ponpes Al-Fatah Magetan Asal Ngawi Positif Corona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini