Khofifah Pastikan Makanan di Dapur Umum Tak Berformalin

Syaiful Islam, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 00:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 519 2210738 khofifah-pastikan-makanan-di-dapur-umum-tak-berformalin-vbomG8LIJ9.jpg Gubernur Jawa Timur saat meninjau dapur umum (Foto : Okezone.com/Syaiful)

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur atau Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan makanan yang dihasilkan dari dapur umum untuk masyarakat yang terdampak covid-19 tidak ada formalinnya. Makanan yang dibagikan pada masyarakat untuk sahur dan buka puasa dijamin sehat.

Dapur umum sendiri didirikan pada tiga daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran covid-19 atau virus corona. Ketiga wilayah itu meliputi Kota Surabaya, Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

"Ini sistem yang genuine dari Gresik. Ada sistem security food nya. Jadi ada ahli gizi yang turut mengontrol dan melakukan pemastian bahwa bahan makanan tidak ada kandungan formalinnya," terang Khofifah saat memantau dapur umum di Gresik, Kamis (7/5/2020).

Kemudian juga ada kontrol per pack makanan kalorinya 500 sampai 600. Sehingga makanan yang dibagikan pada warga dijamin mampu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

"Setiap makanan dan bahan makanan yang diolah di dapur umum ini sudah melalui kontrol kualitas dan keamanan makanan. Ini sesuatu yang inspiratif, yang dilakukan oleh para pengelola dapur umum di titik ini," papar Khofifah.

Baca Juga : LPSK Siap Lindungi ABK Kapal China yang Diduga Jadi Korban Perbudakan

Menurut Khofifah, dapur umum yang berada di Makodim 0817 Gresik ini mampu memproduksi makanan buka dan sahur masing-masing 1.500 porsi nasi bungkus. Kemudian didistribusikan ke berbagai wilayah warga terdampak covid-19 di Kabupaten Gresik.

"Ini bagian sinergitas seluruh elemen untuk bisa bergandengan tangan bersama-sama melawan covid-19 agar jangan pernah longgar. Hari ini kewaspadaan kita harus dibangun dengan berlipat ganda. Karena penyakit ini penyebarannya sangat masif meski sudah dilakukan PSBB," tandas Khofifah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini