Korban Tewas Insiden Rudal Iran Hantam Kapal Sendiri Jadi 19 Orang

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 11 Mei 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 18 2212346 korban-tewas-insiden-rudal-iran-hantam-kapal-sendiri-jadi-19-orang-aUDCTtkBY7.jpg Kapal pendukung milik Iran yang mengikuti latihan. (Foto/IRNA)

TEHERAN - Angkatan laut Iran dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa insiden rudal yang menghantam sebuah kapal pendukung saat latihan militer telah menewaskan 19 pelaut dan melukai 15 lainnya, lapor Reuters.

Media setempat mengutip AP News, Senin (11/5/2020) melaporkan insiden terjadi pada Minggu, 10 Mei di dekat pelabuhan Jask, sekitar 1.270 kilometer tenggara Teheran, di Teluk Oman.

Rudal menghantam Konarak, kapal pendukung kelas Hendijan, yang ikut serta dalam latihan itu.

Televisi pemerintah menyebut serangan rudal itu sebagai kecelakaan, dan mengatakan Konarak terlalu dekat dengan target.

Media Iran mengatakan Konarak telah dirombak pada 2018 dan mampu meluncurkan rudal laut dan anti-kapal. Kapal buatan Belanda, 47 meter ini beroperasi sejak tahun 1988 dan memiliki kapasitas 40 ton. Biasanya membawa awak 20 pelaut.

Iran secara rutin mengadakan latihan di wilayah itu, yang dekat dengan Selat Hormuz lokasi yang dilalui oleh 20% kapal minyak dunia. Armada ke-5 Angkatan Laut AS, yang memantau wilayah itu, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Media Iran jarang melaporkan kecelakaan selama latihan militer Iran, menandakan parahnya itu.

Insiden ini juga terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara Iran dan AS sejak Presiden Donald Trump secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir Teheran dengan kekuatan dunia pada 2018 dan memberlakukan sanksi penghancuran terhadap negara itu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini