Arab Saudi Berlakukan Lockdown dan Jam Malam Sehari Penuh Selama Libur Idul Fitri

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 13 Mei 2020 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 18 2213270 arab-saudi-berlakukan-lockdown-jam-malam-seharian-penuh-selama-libur-idul-fitri-Wx0OJYA4Q1.jpg Foto: Reuters.

RIYADH – Pemerintah Arab Saudi akan menerapkan penguncian (lockdown) sehari penuh dan jam malam di seluruh kerajaan selama liburan Idul Fitri yang akan datang, dari 23 Mei hingga 27 Mei.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan bahwa sampai saat penguncian itu diterapkan, pelonggaran pembatasan saat ini, termasuk dimulainya kembali kegiatan ekonomi, akan terus berlaku sampai akhir Ramadhan.

Dalam kondisi saat ini, orang-orang akan diizinkan keluar rumah selama pagi hari selama delapan jam mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore setiap hari.

Kementerian itu juga mengatakan bahwa Makkah akan tetap menjalani penguncian penuh dan jam malam untuk sementara waktu. Larangan memasuki dan keluar dari area, kota, dan lingkungan yang saat ini berada di bawah pembatasan kuncian akan berlanjut sampai akhir Ramadhan dan Idul Fitri.

Arab Saudi awalnya mencabut pembatasan jam malam yang diberlakukannya di seluruh Kerajaan mulai 26 April sementara mempertahankan kuncian penuh di Makkah dan lingkungan yang sebelumnya terisolasi. Langkah tersebut diterapkan menurut perintah kerajaan dari Raja Salman bin Abdulaziz pada saat itu.

Pengumuman yang dibuat pada 26 April mengatakan pembatasan akan berlangsung hingga 13 Mei, hari kedua puluh Ramadhan, yang sekarang telah diperpanjang sampai akhir bulan suci ini, sesuai dengan keputusan pada Selasa (12/5/2020).

Menurut penghitungan Worldometers, hingga Rabu (13/5/2020), Arab Saudi memiliki hampir 43.000 kasus virus corona yang dilaporkan, dengan 264 kematian akibat penyakit itu, merupakan salah satu negara terdampak Covid-19 terparah di Teluk.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini