AS Sebut ISIS Dalang Serangan Mematikan ke RS Bersalin di Afghanistan

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 15 Mei 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 18 2214602 as-sebut-isis-dalang-serangan-mematikan-ke-rs-bersalin-di-afghanistan-kMeY4CBBJb.jpg Petugas membawa bayi korban serangn di RS bersalin di Afghanistan. (Foto/Twitter)

WASHINGTON - Pemerintah AS menilai Kelompok Negara Islam IS (dulu ISIS) bertanggung jawab atas dua serangan terpisah di Afghanistan yang menewaskan lebih dari 50 orang. 

Hal itu disempaikan Zalmay Khalilzad, utusan khusus AS untuk rekonsiliasi Afghanistan mengutip DW, Jumat (15/5/2020). 

Salah satu serangan itu menargetkan sebuah Rumah sakit bersalin di Kabul, serta upacara pemakaman di provinsi Nangarhar.

Baca juga: Kisah Ibu Menyusui Bayi-Bayi Yatim Korban Serangan di RS Bersalin Afghanistan

IS mengklaim bertanggung jawab atas pengeboman pemakaman, tetapi tidak ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap rumah sakit bersalin yang menewaskan lebih 20 orang termasuk, 2 bayi. 

Khalilzad mengatakan bahwa IS di Afghanistan menentang perjanjian damai antara pemerintah dan Taliban , dan sedang berusaha untuk lebih mengganggu kestabilan kawasan itu.

Kelompok ISIS membantah bertanggung jawab, dan mengutuk serangan itu. Taliban dan IS dianggap sebagai saingan, dan Khalilzad dan AS telah mendesak Taliban untuk bergabung dengan pemerintah Afghanistan dalam memerangi terorisme yang dilakukan oleh IS di negara tersebut. 

"Daripada jatuh ke dalam perangkap ISIS dan menunda perdamaian atau menciptakan hambatan, rakyat Afghanistan harus bersama-sama menghancurkan ancaman ini dan mengejar peluang perdamaian bersejarah," kata Khalilzad di Twitter.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini