Jet Tim Akrobatik Kanada Jatuh Hantam Lingkungan Perumahan, Sedikitnya Satu Tewas

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 18 Mei 2020 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 18 2215664 jet-tim-akrobatik-kanada-jatuh-hantam-rumah-warga-sedikitnya-satu-tewas-NVRNqvQHBn.jpg Foto: Reuters.

SEDIKITNYA satu orang tewas setelah jet akrobatik Kanada jatuh menghantam lingkungan perumahan saat melakukan flyover (terbang melintas). Anggota kru menderita luka parah ketika pesawat itu menabrak sebuah rumah di Kota Kamloops, British Columbia.

Video yang beredar menunjukan bahwa seorang pilot berhasil melontarkan diri sebelum kecelakaan terjadi pada Minggu pagi (17/5/2020), tak lama setelah jet lepas landas.

"Dengan hati yang berat kami mengumumkan bahwa salah satu anggota tim Snowbirds CF telah meninggal dan satu orang mengalami cedera serius," kata Angkatan Udara Kanada dalam cuitan di Twitter yang dilansir BBC.

Jet tim akrobatik Snowbirds telah melakukan tur "untuk memberi penghormatan kepada warga Kanada yang melakukan bagian mereka untuk memerangi penyebaran Covid-19", demikian menurut situs web tim tersebut.

The Snowbirds melakukan aksi akrobatik untuk publik, mirip dengan tim Red Arrows di Inggris atau Blue Angels di Amerika Serikat (AS).

Video yang di-posting di Twitter menunjukkan dua jet yang naik ke udara sebelum salah satu terbakar. Setelah jet itu jatuh menghantam taman depan sebuah rumah di Kamloops, penduduk berlari keluar dalam upaya memadamkan api.

"Saya baru saja mulai berlari menyusuri jalan. Dan saya sampai di sana mungkin semenit setelah jatuh dan ada beberapa penduduk yang mengeluarkan selang mereka dan mereka berusaha memadamkan api karena menabrak sebuah rumah," kata Kenny Hinds, seorang saksi mata yang tinggal di dekat lokasi kejadian.

Foto yang diterbitkan di media Kanada tampak memperlihatkan parasut di atap rumah.

Kota Kamloops berada sekira 320 km timur laut Vancouver di provinsi Kanada Pantai Barat. Kota itu memiliki populasi 90.000 jiwa.

Pada Oktober, jet Snowbirds menabrak area yang tidak berpenghuni sebelum pertunjukan udara di Atlanta, AS. Pilot jet berhasil melontarkan diri dalam kejadian itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini