Kasus Pertama Virus Corona Terdeteksi di Suku Amazon Ekuador

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 18 Mei 2020 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 18 2215935 kasus-pertama-virus-corona-terdeteksi-di-suku-amazon-ekuador-nVy76jt5gu.jpg Perempuan suku Amazon. (Foto/Jeronimo Zuniga/Amazon Frontlines)

QUITO - Kasus pertama virus corona terdeteksi di salah satu suku asli Amazon, Ekuador, lapor Kementerian Kesehatan Ekuador pada Minggu, 17 Mei.

Paguyuban Masyarakat Adat Waorani memperingatkan penyebaran Covid-19 bisa menjadi bencana dan sangat mematikan bagi masyrakat mereka yang rentan terhadap penyakit.

Mengutip AFP, Senin (18/5/2020) Kemenkes Ekuador mengatakan kasus pertama yang dilaporkan di suku Waorani adalah seorang "wanita hamil berusia 17. Ia mulai menunjukkan gejala pada 4 Mei.

Dia dibawa ke rumah sakit di ibukota Quito dan ditempatkan di ruang isolasi, kata pernyataan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pemerintah federal berkoordinasi dengan para pemimpin adat, memeriksa 40 orang yang telah melakukan kontak dengan wanita itu.

"Tujuh belas warga dengan riwayat pernapasan dilacak. Hingga saat ini, enam dari mereka memiliki gejala, jadi 20 tes cepat dan total tujuh penyeka nasofaring dilakukan," kata Kementerian Kesehatan, tanpa merilis hasil tes.

Ekuador, salah satu negara yang paling terdampak virus corona di Amerika Latin.

Virus corona telah menjangkiti 33.000 orang di negara itu dan menyebabkan lebih 2.700 kematian.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini