Mufti Besar Arab Saudi Izinkan Muslim Salat Idul Fitri di Rumah

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 18 Mei 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 18 2215975 mufti-besar-arab-saudi-izinkan-muslim-salat-idul-fitri-di-rumah-OHCNagYfJX.jpg Ilustrasi Muslim salat di rumah. (Foto/Reuters)

RIYADH - Mufti Besar Arab Saudi Sheikh Abdulaziz mengizinkan Muslim untuk melakukan salat Idul Fitri di rumah. Hali itu karena pandemi virus corona memaksa masjid-masjid di seluruh dunia tutup. 

Mengutip Al Arabiya, Senin (18/5/2020) Sheikh Abdulaziz mengatakan salat Ied dapat dilakukan secara individu atau berkelompok. 

Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan dan diperkirakan akan dirayakan pada 23 Mei , sambil menunggu penampakan bulan. 

Berkenaan dengan Zakat, yang merupakan amal yang harus diberikan kepada orang miskin sebelum dimulainya Idul Fitri, Sheikh Abdulaziz mengatakan bahwa Muslim dapat memberikan sumbangan kepada organisasi yang dapat diandalkan. 

Jumlah infeksi virus corona yang dikonfirmasi di Arab Saudi telah melonjak selama dua hari terakhir, di saat kerajaan itu mencatat lebih dari 50.000 kasus.

Pada Minggu, 17 Mei, Arab Saudi melaporkan 2.736 kasus baru infeksi virus corona. Meski turun dari 2.840 kasus yang dilaporkan sehari sebelumnya, jumlah itu merupakan lonjakan dari rata-rata 1.500 kasus baru yang dilaporkan selama sepekan terakhir.

Menurut laporan stasiun televisi pemerintah yang dilansir Al Arabiya, Senin (18/5/2020), dengan lonjakan baru tersebut, Kerajaan saat ini memiliki 54,752 kasus yang dikonfirmasi, sementara jumlah korban meninggal mencapai 302.

Arab Saudi mencatat infeksi Covid-19 pertamanya pada 2 Maret, beberapa pekan setelah wabah awal di Asia.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menggunakan pelacakan kontak untuk menentukan bagaimana orang-orang terinfeksi. Metode ini telah menunjukkan bahwa ratusan orang terinfeksi setelah gagal mematuhi tindakan pencegahan dan menghadiri pertemuan sosial besar.

Kerajaan juga telah meningkatkan pengujian virus corona, melakukan antara 15.000 dan 18.000 pengujian setiap harinya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini