Share

Angin Topan Bikin India Evakuasi Ribuan Penduduk di Tengah Pandemi

Ahmad Luthfi, Okezone · Senin 18 Mei 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 18 2215999 angin-topan-bikin-india-evakuasi-ribuan-penduduk-di-tengah-pandemi-pFprjGZuww.jpg (Foto: India Meteorogical Department)

JAKARTA - India mulai mengevakuasi ribuan penduduk desa dan menghentikan operasi pelabuhan terkait angin topan yang diperkirakan melanda pantai timur pada pekan ini. Negara ini juga harus menghadapi tekanan layanan darurat karena pandemi virus corona.

Dilansir Straitstimes, topan ini diperkirakan akan muncul pada Rabu. India menetapkan lockdown untuk melawan virus yang menginfeksi lebih dari 96.169 orang dan menewaskan 3.029.

Negara bagian Odisha dan Benggala Barat mengirim tim penanggulangan bencana untuk memindahkan keluarga dari rumah ke tempat berlindung dari badai siklon yang parah, Amphan.

"Kami harus mengevakuasi orang-orang dari daerah dataran rendah, dan melindungi mereka dari virus korona juga," kata seorang pejabat senior kementerian dalam negeri India yang tidak mau disebutkan namanya.

"Itu bukan tugas yang mudah," katanya.

Musim topan biasanya berlangsung dari April hingga Desember, dengan badai hebat memaksa evakuasi puluhan ribu, menyebabkan kematian dan kerusakan yang meluas pada tanaman dan properti, baik di India maupun Bangladesh.

Pihak berwenang di pelabuhan Paradip di Odisha memerintahkan kapal untuk pindah ke laut untuk menghindari kerusakan karena topan yang terbentuk di Teluk Bengal kemungkinan akan meningkat menjadi badai super siklon.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini