Israel Luncurkan Serangan Siber ke Pelabuhan Iran

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 18 2216917 israel-luncurkan-serangan-siber-ke-pelabuhan-iran-EW9VDtvjB3.jpg Pelabuhan Shahid Rajaee. (Foto/Iran Intl)

TEHERAN - Israel meluncurkan serangan siber ke pelabuhan Iran yang menyebabkan kekacauan transportasi selama berhari-hari.

Pelabuhan Terminal Shahid Rajaee di Bandar Abbas di Selat Hormuz, diserang peretas, hingga melumpuhkan pelabuhan pada 9 Mei , Washington Post melaporkan.

Serangan dunia maya antrean panjang truk di luar pelabuhan dan kapal-kapal terjebak di pelabuhan.

Washington Post dalam laporannya mengutip pejabat intelijen dan keamanan siber yang mengetahui situasi tersebut dengan mengatakan peretasan dilakukan oleh operasi Israel.

"Mungkin sebagai pembalasan atas upaya sebelumnya untuk menembus komputer yang mengoperasikan sistem distribusi air pedesaan di Israel,” kata sumber yang tidak disebut namanya itu.

"Kacau total," lanjut dia.

Iran menggonfirmasi adanya serangan siber pada pelabuhan tersebut.

"Serangan siber baru-baru ini gagal menembus sistem PMO dan hanya mampu menyusup dan merusak sejumlah sistem operasi swasta di pelabuhan," kata Mohammad Rastad, direktur pelaksana Organisasi Pelabuhan dan Maritim (PMO), dalam sebuah pernyataan.

Mengutip sumber-sumber intelijen asing, Washington Post melaporkan pada 8 Mei bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan siber pada jaringan distribusi air di Israel. Iran membantah terlibat dalam peretasan gagal 24 April.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini