Covid-19 Sebabkan 100 Kematian, Pelajar Australia Kembali ke Sekolah

Ahmad Luthfi, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 18 2216922 covid-19-sebabkan-100-kematian-pelajar-australia-kembali-ke-sekolah-YU0owYb9YY.jpg (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Anak-anak di negara bagian yang berpenduduk paling padat di Australia kembali ke sekolah pada pekan depan. Ini merupakan langkah besar menuju normalisasi kehidupan publik sejak pandemi virus corona, dikutip Straitstimes.

Australia mencatatkan 100 kematian karena kasus Covid-19 atau virus corona. Angka kematian Australia masih jauh di bawah kematian yang dilaporkan di Amerika Utara, Eropa dan bagian-bagian lain di Asia.

Kematian ke-100 adalah seorang wanita 93 tahun dari panti jompo di luar Sydney.

New South Wales (NSW) Premier Gladys Berejiklian mengangkat tanggung jawab pengasuhan anak untuk orangtua dan pengasuh sekitar 800.000 anak-anak di sekolah umum ketika Australia berupaya membendung peningkatan pengangguran dan memulai kembali perekonomian.

"Mulai sekarang, kami tidak pernah ingin melihat situasi di mana semua sekolah ditutup," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney.

Keputusan itu tampaknya mengejutkan serikat guru. Presiden Federasi Guru Angelo Gavrielatos mengatakan itu "menyebabkan banyak kekhawatiran, frustrasi dan kemarahan di kalangan guru dan kepala sekolah".

"Mereka memutarbalikkan diri, bukan sekali, tidak dua kali, tetapi berulang kali, mencoba untuk berdamai dengan krisis ini dan memenuhi tanggung jawab profesional dan sosial dan moral mereka," kata Gavrielatos kepada televisi Australian Broadcasting Corp.

"Sekolah adalah tempat yang kompleks," tambahnya. "Ini tidak seperti menyalakan dan mematikan keran."

Negara bagian dan teritori Australia mulai memungkinkan lebih banyak kegiatan publik di bawah rencana pemerintah federal tiga langkah untuk mengakhiri dua bulan penutupan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini