Masjid Al Aqsa Akan Kembali Dibuka Setelah Libur Idul Fitri

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 18 2216987 masjid-al-aqsa-akan-kembali-dibuka-setelah-libur-idul-fitri-JlcylkHo9g.jpg Foto: Reuters.

YERUSALEM – Masjid Al Aqsa di Yerusalem akan kembali dibuka untuk umat Muslim setelah liburan Idul Fitri. Salah satu situs paling suci umat Islam itu telah ditutup sejak Maret karena pandemi virus corona.

"Dewan memutuskan untuk mencabut penangguhan terhadap jamaah yang memasuki Masjid Al-Aqsa yang diberkati setelah liburan Idul Fitri," demikian isi pernyataan yang dirilis Jerusalem Islamic Waqf pada Selasa (19/5/2020) sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Dewan yang ditunjuk Yordania untuk mengawasi situs-situs Islam di kompleks suci itu merujuk pada liburan Idul Fitri selama tiga hari, yang diharapkan dimulai akhir pekan ini, menandai akhir bulan suci Ramadhan.

Masjid Al-Aqsa, situs paling suci ketiga Islam, ditutup pada dua bulan lalu, untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun sebagai bagian dari langkah-langkah di seluruh dunia untuk membendung penyebaran virus corona baru.

Pada 15 Maret, pejabat agama menutup Masjid Al Aqsa dan Dome of the Rock di kompleks Haram Al Sharif sebelum akhirnya melarang jamaah berkumpul di daerah terbuka di sana sepekan kemudian.

Masih belum jelas apakah jamaah juga akan diizinkan kembali ke Al-Aqsa dan Dome of the Rock minggu depan.

Direktur masjid, Omar al-Kiswani, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa ia berharap tidak ada batasan pada jumlah jamaah yang diizinkan masuk. Dia menambahkan bahwa badan pemerintahan akan mengumumkan "mekanisme dan langkah-langkah selanjutnya".

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini