nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teka-teki Suara Dentuman Misterius di Bandung

CDB Yudistira, Okezone · Kamis 21 Mei 2020 14:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 21 525 2217530 teka-teki-suara-dentuman-misterius-di-bandung-20wBdLNsgs.jpg Foto Ilustrasi Okezone

BANDUNG - Suara dentuman misterius yang menggelegar di langit Bandung Raya masih menjadi teka-teki. Belum ada pihak manapun yang dapat menjelaskan darimana suara dentuman tersebut.

Termasuk, dari pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). PVMBG sejauh ini mengatakan, suara dentuman misterius yang terdengar di wilayah Bandung Raya bukan karena adanya aktivitas vulkanik.

"Tidak ada laporan erupsi, jadi sumber dentuman bukan berasal dari dentuman erupsi gunung api," kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan saat dihubungi, Kamis (21/5/2020).

 Baca juga: BMKG: Suara Dentuman di Bandung Bukan dari Gempa, Petir atau Cuaca

Hendra memastikan, setiap aktifitas vulkanik kebanyakan diantaranya berkaitan dengan erupsi. Namun ia menegaskan, tidak ada aktivitas vulkanik lainnya yang diduga bisa menyebabkan suara dentuman misterius itu.

"Di sekitar Bandung tidak ada yang erupsi," katanya.

 Baca juga: Suara Dentuman Misterius Gegerkan Bandung, Ini Kata BMKG 

Sebagian masyarakat Bandung Raya, di kagetkan dengan adanya suara dentuman yang cukup keras terdengar, pada Kamis 21 Mei 2020, pagi. Suara dentuman tersebut terdengar beberapa kali oleh warga.

"Infonya, sempat kedengaran di wilayah Moh. Toha, Buahbatu, Astanaanyar, dan Kopo juga ," kata salah seorang warga, Akbar, via pesan singkat.

Selain di wilayah Kota Bandung, suara dentuman tersebut, juga di kabarakan terdengar hingga dengan wilayah Kabupaten Bandung meliputi Banjaran hingga Ciwidey.

Menanggapi suara dentuman misterius tersebut, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, saat ini masih diperlukan analisa untuk mengetahui asal usul sumber suara tersebut.

"Perlu dianalisa penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir," kata Tony saat di konfirmasi.

Tony menjelaskan, di hari ini sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB tidak ada kejadian gempa. Selanjutnya untuk cuaca pun cerah berawan. "Tidak ada juga kejadian suara petir mulai dari 08.30 WIB sampai 10.00 WIB.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini