Share

Paus Fransiskus: Jangan Terlalu Cepat Merasa Menang Melawan Covid-19

Agregasi VOA, · Senin 08 Juni 2020 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 18 2226054 paus-fransiskus-jangan-terlalu-cepat-merasa-menang-melawan-covid-19-mkCEmDlyNJ.jpg Paus Fransiskus (Reuters)

VATIKAN – Pemimpin Umat Katolik Dunia, Paus Fransiskus mengingatkan agar orang-orang tidak terlalu cepat merasa menang melawan pandemi virus corona meski beberapa negara telah melonggarkan pembatasannya.

Paus meminta agar orang-orang mengikuti aturan yang ada karena aturan itu dibuat “untuk membantu kita menghindari penyebaran virus”. Dia juga mengungkapkan syukur karena “perlahan-lahan bisa keluar dari pandemi virus corona.”

“Puji Tuhan kita bisa keluar dari pusat virus, tetapi kita harus selalu mengikuti aturan yang diberikan kepada kita oleh pihak berwenang,” kata Paus Fransiskus dalam sambutannya sebagaimana dilansir VOA, Senin (8/6/2020).

Namun, dalam sambutannya yang telah dipersiapkan sebelumnya, Paus kelahiran Argentina itu juga menyatakan keprihatinan bahwa virus corona masih merenggut banyak nyawa, terutama di Amerika Latin.

“Tapi sayangnya di beberapa negara, saya memikirkan khususnya beberapa, virus masih merenggut banyak korban. Jumat lalu di satu negara satu orang meninggal setiap menit. Mengerikan. Saya ingin mengungkapkan kedekatan saya dengan penduduk di negara-negara itu, kepada mereka yang menderita sakit dan keluarga mereka, dan kepada semua orang yang merawat mereka.”

Berdasarkan data Johns Hopkins University, pandemi virus corona telah menewaskan lebih dari 400.000 orang di seluruh dunia sejak muncul pertama kali di China akhir tahun lalu. AFP melaporkan, sedikitnya 6.917.107 kasus telah terkonfirmasi di 196 negara.

Amerika Serikat adalah negara yang paling terpukul dengan lebih dari 110.000 kematian, diikuti oleh Inggris, Brasil, Italia, dan Prancis yang mencatat antara 40.000 sampai 30.000 korban meninggal dunia.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini