Mahasiswa Luar Daerah Masuk Sleman saat Pandemi Covid-19, Ini Prosedurnya

Kuntadi, Koran SI · Senin 08 Juni 2020 15:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 08 510 2226326 mahasiswa-luar-daerah-masuk-sleman-saat-pandemi-covid-19-ini-prosedurnya-zNsqdEy6I9.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

SLEMAN – Bupati Sleman Sri Purnomo mengeluarkan surat edaran (SE) No 443/01352 tentang Panduan Penerimaan Kedatangan Mahasiswa dari luar daerah tertanggal 5 Juni 2020. Setiap mahasiswa yang datang wajib membawa surat keterangan sehat atau memeriksakan di fasilitas kesehatan yang ada di Sleman.

“SE ini untuk mengantisipasi dan meminimalkan potensi penularan Covid-19 serta memberikan ruang kepada mahasiswa luar daerah yang tinggal di Sleman,” kata Kabag Humas dan Protokol Setda Sleman Shavitri ND, Senin (8/06/2020).

Surat edaran ini ditujukan kepada pimpinan perguruan tinggi atau rektor, camat, kepala desa hingga dukuh, RT/RW dan para pemilik kos untuk mengedukasi masyarakat agar bisa menerima mahasiswa yang kos sesuai prosedur pencegahan Covid-19.

Bagi mahasiswa yang datang agar melapor kepada pemilik kos dan pimpinan perguruan tinggi dengan membawa surat keterangan sehat dari daerah asal. Namun jika sudah telanjur berada di Sleman agar mencari surat keterangan sehat di faskes yang ada di wilayah DIY.

Baca Juga: 57 Karyawan Terindikasi Positif Corona, Supermarket di Sleman Tutup Sementara 

Untuk mahasiswa dari daerah yang menerapkan PSBB, harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Kecuali mereka mampu menunjukkan hasil rapid test yang menyatakan non-reaktif.

“Mahasiswa yang datang harus melapor ke kampus dan mengisi laporan. Nanti pihak kampus akan melaporkan ke pemkab,” ujarnya.

Bagi pemilik indekos, harus menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Jika pendatang perlu penanganan medis harus segera menghubungi UPT puskesmas. Begitu juga yang memiliki gejala infeksi dan gangguan pernapasan untuk melakukan pemeriksaan. “Protokol kesehatan harus diterapkan termasuk di dalam kampus,” ujarnya.

 

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini