Mulai Besok, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Operasikan Kembali KA Jarak Jauh

Kuntadi, Koran SI · Kamis 11 Juni 2020 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 11 510 2228366 mulai-besok-pt-kai-daop-6-yogyakarta-operasikan-kembali-ka-jarak-jauh-Rbc6HIROKJ.jpg Ilustrasi (Ist)

YOGYAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta akan mengoperasikan perjalanan Kereta Api (KA) Reguler Jarak Jauh dan KA Lokal Prameks secara bertahap, mulai besok pagi, Jumat 12 Juni 2020. Setiap calon penumpang yang hendak naik kereta api wajib menunjukkan surat bebas dari Covid-19.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Eko Budiyanto mengatakan, pembukaan kembali KA reguler mengacu Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 serta Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Pemberangkatan Kereta Api Luar Biasa Sepi Penumpang

“Mulai Jumat 12 Juni, kita akan membuka KA reguler jarak jauh dan KA lokal Prameks secara bertahap,” ujar Eko, Kamis (11/6/2020).

Nantinya PT KAI juga akan melakukan evaluasi dari setiap perjalanan kereta api. Pelaksanaannya tetap akan menggunakan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat. Calon penumpang disarankan membeli tiket secara online mulai H-7 keberangkatan.

Secara bertahap ada delapan perjalanan KA jarak jauh dan enam perjalanan KA lokal yang dioperasikan kembali mulai 12 Juni 2020. Di antaranya Kereta Api Ranggajati, Sri Tanjung, Sancaka dan Kahuripan dengan rute dari dan tujuan ke Stasiun Kiaracondong Bandung, Cirebon, Purwokerto, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang. Sementara KA lokal Prameks hanya frekuensinya yang ditambah.

“Kita hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menjaga jarak antarpenumpang selama dalam perjalanan,” ujarnya.

Khusus penumpang lansia, saat perjalanan akan diatur agar tidak bersebelahan dengan penumpang lain. Setiap penumpang jarak jauh juga harus menggunakan face shield selama perjalanan.


Baca Juga : Kemenag Akan Evaluasi Masjid yang Tak Lakukan Physical Distancing saat Sholat Jumat

Bagi calon penumpang wajib menunjukkan surat bebas Covid-19 berdasarkan hasil rapid atau swab test, surat bebas gangguan influenza dari lembaga kesehatan. Khusus penumpang dari dan menuju DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk.

Baca Juga : Taman Safari Buka 15 Juni, 10 Ribu Orang Sudah Pesan Tiket Secara Online

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini