Mendikbud: Perguruan Tinggi Tetap Belajar dari Rumah

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 15 Juni 2020 18:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 15 65 2230510 mendikbud-perguruan-tinggi-tetap-belajar-dari-rumah-fZGBR6YKYP.jpg Mendikbud RI, Nadiem Makarim (foto: Sindo)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim telah memutuskan jadwal akademik pendidikan tinggi 2020-2021, tetap dimulai pada Agustus dan tidak berubah. Namun seluruh pendidikan tinggi tetap melaksanakan kegiatan belajar dari rumah.

"Tahun akademik pendidikan tinggi tetap dimulai Agustus, tetapi tetap dilakukan secara daring di seluruh daerah, alasannya universitas lebih mudah adopsi pembelajaan jarak jauh," kata Nadiem saat Diskusi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) yang disiarkan langsung, Senin (15/6/2020).

Meski begitu, kata Nadiem, Kemendikbud memberikan pelonggaran atau aktivitas prioritas bagi mahasiswa yang sedang mempersiapkan kelulusan seperti melaksanakan skripsi, disertasi, tesis, penelitian di laboratorium, hingga kegiatan yang membutuhkan peralatan dalam rangka kelulusan.

"Aktivitas prioritas itu adalah yang berhubungan kelulusan mahasiswa yang sulit dilakukan daring contoh penelitian di laboratorium, skripsi, disertasi, tesis, praktikum, studio, bengkel," bebernya.

"Kalau ini aktivitas berdampak pada kelulusan masing-masing perguruan tinggi membolehkan mahasiswa datang ke kampus untuk melaksanakan itu. Karena kita tidak ingin mengorbankan potensi mahasiswa lulus," tandasnya.

Nadiem menyadari, bahwa kebijakan tersebut banyak mengorbankan berbagai aspek seperti kualitas pendidikan hingga kesulitan pembelajaran melalui sistem daring, namun hal itu harus diambil dengan mengedepankan prinsip kesehatan bagi masyarakat.

"Dalam situasi Covid-19 ini yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan prinsip dasar itu yang kita gunakan," tuturnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini