Mahasiswa Boleh Masuk Kuliah jika Terkait Kelulusan

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 15 Juni 2020 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 65 2230566 mahasiswa-boleh-masuk-kuliah-jika-terkait-kelulusan-8RDOJ8Tmhb.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melarang seluruh pendidikan tinggi atau kegiatan perkuliahan melaksanakan belajar tatap muka meski berada di zona hijau.

Kendati begitu, Nadiem memberikan pelonggaran atau aktivitas prioritas bagi mahasiswa yang sedang mempersiapkan kelulusan seperti melaksanakan skripsi, disertasi, tesis, penelitian di laboratorium, hingga kegiatan yang membutuhkan peralatan dalam rangka kelulusan.

"Ada yang namanya aktivitas prioritas. Aktivitas prioritas itu adalah aktivitas yang sangat berhubungan dengan kelulusannya mahasiswa yang sulit sekali dilakukan secara daring, contoh penelitian di laboratorium untuk skripsi tesis dan disertasi biasanya ini adalah a small group ataupun individu-individu atau projek individu," kata Nadiem saat siaran langsung Senin (15/6/2020).

Selain itu kata dia, mahasiswa yang mendapat aktivitas prioritas lain adalah mereka yang melaksanakan tugas laboratorium, praktikum, studio, bengkel dan bagi mereka yang membutuhkan mesin, peralatan dan lain-lain terkait kelulusannya.

"Kalau ini aktivitas prioritas yang berdampak kepada kelulusan siswa, masing-masing pemimpin perguruan tinggi diperbolehkan untuk mengizinkan aktivitas mahasiswa datang ke kampus hanya untuk aktivitas prioritas itu yang berhubungan dengan kelulusannya," kata Nadiem.

Baca Juga : Cerita Khofifah Bujuk Warga yang Menolak Ikut Tes Covid-19

Ia menjelaskan, langkah tersebut diambil karena khawatir jika melarang mahasiswa akan mengorbankan potensi kelulusan setiap mahasiswa.

"Itu akan menciptakan berbagai macam masalah lainnya, tetapi pembelajaran masih dilakukan secara online. Jadi tidak diperkenankan untuk melakukan kuliah tatap muka, tidak diperkenankan berbondong-bondong untuk mahasiswa masuk ke dalam kampus cuman buat individual project mereka yang khusus prioritas untuk kelulusannya," jelasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini