Pendaftar Membeludak, Kuota SMA-SMK Negeri Se-Jateng Tersisa 57.827

Bramantyo, Okezone · Kamis 18 Juni 2020 19:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 18 65 2232519 pendaftar-membeludak-kuota-sma-smk-negeri-se-jateng-tersisa-57-827-Plq2x9B2Hc.jpg Posko PPDB Online. Foto: Bramantyo-Okezone

KARANGANYAR - Jumlah pendaftar SMA dan SMK se-Jawa Tengah (Jateng) per hari kedua dibuka sudah tembus 150.388 orang. Sementara kuotanya cuma 208.215 orang, artinya tersisa 57.827.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng Eris Yunianto mengatakan, belajar dari pelaksanaan Pra-pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebelumnya, untuk tahun ini kualitasnya diklaim lebih baik dari segala aspek, termasuk peningkatan band width akses online.

"Kami selaku bagian dari panitia PPDB bisa maklumi membeludagnya peserta , sehingga nanti screening-nya jelas ketat tegas" ujarnya, Kamis (18/6/2020).

Selain itu, lanjut Eris, proses PPDB berlangsung terbuka sehingga seleksinya pun adil dan tidak ada celah untuk curang.

Kecurangan yang diklaim bisa dicegah meliputi pemalsuan dokumen, baik yang dipakai untuk jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur zonasi, dan jalur Perpindahan Orang Tua atau jalur PTO.

Baca Juga: Perjuangan Orangtua Siswa Daftarkan Anaknya di PPDB Online 

Sementara pantauan Okezone di Posko PPDB Wilayah VI Jateng, diketahui jumlah keseluruhan pendaftar untuk SMA di Jateng melalui 4 jalur masih lebih kecil dibandingkan pendaftar untuk SMK.

Data dari Posko PPDB pada hari kedua diketahui untuk siswa SMK sebanyak 97.006 orang, sedangkan pendaftar untuk SMA sebanyak 78.238 orang.

Petugas Posko PPDB online SMA & SMK Wilayah VI Jateng Ratna mengatakan data per sore hari pada hari kedua pendaftaran bergerak cepat dibandingkan hari pertama. "Pergerakan terus bergerak setiap menit tapi terus kami monitor" ujarnya.

 

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini