China Bebaskan 10 Tentara India Pasca Bentrokan Berdarah di Perbatasan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 19 Juni 2020 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 18 2232690 china-bebaskan-10-tentara-india-pasca-bentrokan-berdarah-di-perbatasan-7Cu9ArsJet.jpg Foto: Reuters.

NEW DELHI – China telah membebaskan 10 tentara India setelah bentrokan mematikan antara kedua pihak pada Senin (15/6/2020). Bentrokan itu telah meningkatkan ketegangan kedua negara berkekuatan nuklir.

Berdasarkan laporan surat kabar India, mengutip sumber-sumber militer, 10 tentara yang dibebaskan termasuk seorang kolonel dan tiga mayor. Pemerintah India belum mengonfirmasi berita itu, juga tidak mengonfirmasi bahwa ada tentaranya yang hilang.

Pertempuran di Lembah Galwan menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan meningkatkan ketegangan antara kedua kekuatan.

BACA JUGA: Bentrok di Perbatasan dengan China, Tentara India Dilaporkan Tewas Akibat Lemparan Batu

China tidak mengakui adanya korban di antara pasukannya, sementara sedikitnya 76 tentara India terluka. Kedua belah pihak menuduh yang lainnya melakukan serangan.

Perbatasan antara kedua negara di wilayah itu tidak ditandai dengan baik dan dapat berubah dengan perubahan topografi.

Shiv Aroor, editor senior di India Today mengatakan, pembebasan pasukan India menjadi titik kunci negosiasi antara kedua pihak pada Rabu.

Dalam keterangan yang dilansir BBC, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India, Anurag Srivastava mengatakan bahwa pada Rabu menteri luar negeri kedua negara telah melakukan pembicaraan telepon mengenai perkembangan dan "setuju bahwa situasi keseluruhan harus ditangani secara bertanggungjawab".

BACA JUGA: India Klaim 20 Tentaranya Tewas dalam Bentrokan dengan China di Perbatasan

"Membuat klaim yang berlebihan dan tidak dapat dipertahankan bertentangan dengan pemahaman ini," kata Srivastava seperti dikutip oleh kantor berita Press Trust India.

Korban jiwa yang dilaporkan pada Selasa diyakini sebagai yang pertama dalam beberapa dekade konfrontasi antara China dan India. Sejauh ini kedua negara hanya berperang satu kali, pada 1962, yang berakhir dengan kekalahan India.

Pada Mei, puluhan tentara India dan China baku hantam dalam bentrokan di perbatasan di Negara Bagian Sikkim di timur laut. Dan pada 2017, kedua negara bentrok di wilayah tersebut setelah China mencoba untuk memperpanjang jalan perbatasan melalui dataran tinggi yang disengketakan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini