Ini Syarat dan Ketentuan untuk Peserta UTBK 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 24 Juni 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 65 2235525 ini-syarat-dan-ketentuan-untuk-peserta-utbk-2020-di-tengah-pandemi-covid-19-YQM7stqqF9.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Nasih mengungkapkan ada beberapa ketentuan bagi peserta untuk mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi corona.

Pertama kata Nasih, hanya peserta yang sehat atau bebas dari Covid-19 yang diperkenankan mengikuti UTBK 2020. Mereka yang suhunya tinggi tidak diperkenankan untuk ikut tes masuk.

Kedua, para peserta dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum mengikuti pelaksanaan UTBK.

"Sebab dikhawatirkan nanti peserta tidak sehat. Sehingga mulai hari ini mereka jangan berkumpul dan melaksanakan isolasi mandiri," kata Nasih saat diskusi dalam webinar bertajuk 'Konfrensi Pers Pelaksanaan UTBK 2020 pada Kondisi Normal Baru," Rabu (24/6/2020).

Ketiga, sebelum berangkat para peserta harus memastikan dirinya dalam kondisi bersih dengan mandi dan mencuci rambut, serta menjaga kebersihan.

Baca Juga: UTBK 2020 Akan Digelar Dua Gelombang, Ini Pembagiannya

Keempat, menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan agar dapat sampai pada tujuan melaksanakan ujian.

Kelima, peserta tidak diperkenankan mampir ditempat lain selain ke lokasi pelaksanaan UTBK. "Langsung saja dari rumah ke lokasi karena penyebaran Covid-19 sangat luar biasa," ungkapnya.

Keenam, penganta peserta hanya diperkenankan sampai pada drop zone yang sudah disiapkan dan tidak boleh menunggu.

"Ketujuh tidak diperkenankan berinteraksi dengan peserta lain. Terakhir mengikuti protokol kesehatan dengan mengukur suhu tubuh, cuci tangan, pakai masker dan face shield serta sarung tangan," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini