Balita 2,6 Tahun Sembuh, Purwakarta Nihil Kasus Covid-19

Mulyana, Okezone · Kamis 25 Juni 2020 08:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 25 525 2235994 balita-2-6-tahun-sembuh-purwakarta-nihil-kasus-covid-19-DqNT0Maody.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

PURWAKARTA - Balita usia 2,6 tahun asal Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), yang sebelumnya terkonfimasi positif Covid-19, akhirnya sembuh. Anak laki-laki asal Kecamatan Purwakarta ini, sudah dinyatakan negatif corona setelah menjalani isolasi mandiri dan tiga kali ikut tes swab. Dengan begitu, sampai hari ini Purwakarta nihil pasien positif corona.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan, mengaku, dirinya sangat bersyukur dan bahagia atas sembuhnya pasien positif tersebut. Mengingat, anak laki-laki itu merupakan satu-satunya pasien positif yang mendapat pengawasan serius selama ini.

"Alhamdulillah, ini kabar baik dan membuat bahagia. Balita yang positif ini, sudah dinyatakan negatif dan sembuh dari corona. Kabar bahagia itu, datang kemarin sore," ujar Deni, kepada Okezone, Kamis (25/6/2020).

Deni menyeritakan, anak laki-laki itu sebelumnya terpapar corona dari orang tuanya. Keluarga tersebut, lalu menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Beberapa pekan yang lalu, orang tua balita itu sudah negatif dan sembuh.

Namun, kondisi berbeda justru dialami anak laki-laki itu. Pada tes swab pertama dan kedua, hasilnya masih positif. Sehingga, balita itu masih terus menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

Kemudian, balita itu menjalani tes swab yang ketiga kalinya. Barulah, hasil tes usap ini, dinyatakan negatif. Dengan demikian, balita yang merupakan satu-satunya pasien positif di Purwakarta ini sembuh dari corona. Total isolasi mandiri yang dijalani anak tersebut, mencapai sebulan.

Deni menyebutkan, selama pandemi Covid-19, ada 31 warga Purwakarta yang terkonfirmasi positif penyakit itu. Dari jumlah tersebut, 30 orang dinyatakan telah sembuh atau berstatus negatif. Sedangkan, seorang lagi meninggal dunia.

Untuk orang dalam pemantauan (ODP), hingga kini ada 8 orang. Sedangkan, pasien dalam pengawasan (PDP) ada satu orang. Adapun warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) sebanyak dua orang.

Pada pekan ini, Kabupaten Purwakarta menerima bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan itu, yakni satu set mesin PCR (Polymerase Chain Reaction), satu unit ekstraktor otomatis dan satu unit reagens.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Menurut Anne, GTPP dan pemkab sudah sejak lama menunggu alat tes ini. Guna memercepat penanganan Covid-19.

"Alhamdulillah, saat ini Purwakarta sudah punya alat PCR sendiri," ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Ambu Anne ini, menyebutkan, alat tersebut akan disimpan di RSUD Bayu Asih sebagai penunjang penanganan Covid-19. Dengan adanya bantuan alat ini, ia berharap, kedepannya pemerintah bisa mempercepat penanganan corona.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini