Imbas Corona, Ketua Komisi X : Kita Sedang Hadapi Darurat Pendidikan

Muhamad Rizky, Okezone · Sabtu 27 Juni 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 65 2237319 imbas-corona-ketua-komisi-x-kita-sedang-hadapi-darurat-pendidikan-peRRe6S1iS.jpg Ilustrasi. (Dok Okezone)

JAKARTA – Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan saat ini Indonesia tengah menghadapi darurat pendidikan akibat dampak penyebaran virus corona atau Covid-19.

Hal itu diungkapkan Syaiful Huda saat menghadiri diskusi webinar Polemik Trijaya bertajuk 'Pemuda dan Pendidikan Kita di Masa Pandemi'.

"Pertama kita sedang menghadapi darurat pendidikan di Indonesia. Kenapa darurat pendidikan? Karena anak-anak kita tidak maksimal bisa belajar," kata Syaiful, Sabtu (27/6/2020).

Menurutnya, Kemendikbud telah mengambil sejumlah langkah terkait pelaksanaan pendidikan di tengah pandemi. Namun, hal itu masih menemui sejumlah kendala sehingga kegiatan belajar tidak berjalan efektif.

"Persoalannya ketika belajar dari rumah tetap tidak efektif karena Kemendikbud belum menyiapkan adaptasi kurikulum. Yang kedua, tidak semua sekolah bisa menyelenggarakan belajar online," tuturnya.

Belum lagi, kata dia, baik orangtua maupun pihak sekolah terhambat persoalan biaya kuota internet untuk menunjang kegiatan belajar.

"Orangtua tidak punya pulsa, sekolah juga tidak punya kuota, dan seterusnya," ucap Syaiful.

Baca Juga : Kak Seto: Selama Belajar di Rumah, Orangtua Harus Membuat Anak Merasa Nyaman

Ia pun menyebut, saat ini banyak sekolah gulung tikar karena banyak orangtua murid tak mampu membayar iuran sekolah.

"Kondisi objektif ini saya menyebutnya darurat pendidikan Indonesia. Jadi risikonya besar terkait dengan ini," tuturnya.

Baca Juga : PPDB Perdana Jakarta, Tercatat 100 Ribu Calon Pelajar Daftar via Online

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini