Dianggap Miliki Simbol Rasisme, Mississippi Akan Ubah Bendera Negara Bagiannya

Agregasi VOA, · Senin 29 Juni 2020 11:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 18 2238030 dianggap-miliki-simbol-rasisme-mississippi-akan-ubah-bendera-negara-bagiannya-SpPuneX3My.jpg Sepasang suami istri membawa bendera Mississippi di ibu kota, Jackson, 19 Januari 2016. (Foto: AP)

JACKSON – Anggota parlemen di Mississippi mencoba mengubah bendera negara bagiannya dengan menghapus emblem konfederasi yang banyak mendapat kecaman karena dianggap sebagai lambang rasisme.

DPR MIssissippi pada Minggu (28/6/2020) mengesahkan sebuah rancangan undang-undang (RUU) mengenai penghapusan emblem tersebut. RUU itu akan diserahkan ke Senat untuk diperdebatkan lebih lanjut.

Para pendukung bendera itu menolak berbagai upaya untuk mengubahnya selama puluhan tahun.

Namun, perkembangan besar dalam beberapa pekan belakangan telah mengubah dinamika politik di AS dan Mississippi, demikian diwartakan VOA.

Protes-protes menentang ketidakadilan rasial telah menyebar di AS. Dan para pemimpin bisnis, agama, pendidikan dan olahraga mendorong Mississippi untuk mengubah benderanya.

Sebuah komisi akan mendesain sebuah bendera baru yang tidak boleh menampilkan simbol Konfederasi dan harus memuat kalimat, “In God We Trust” atau “Pada Tuhan Kami Percaya.”

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini