Apa yang Perlu Dilakukan Jatim untuk Tekan Penyebaran Covid-19?

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 29 Juni 2020 07:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 519 2237920 apa-yang-perlu-dilakukan-jatim-untuk-tekan-penyebaran-covid-19-iurjcgBONB.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Jawa Timur (Jatim) menjadi Provinsi penyumbang terbanyak kasus Covid-19, pada Minggu, 28 Juni 2020. Ada lonjakan sebanyak 330 kasus di Jawa Timur, kemarin. Angka tersebut lebih tinggi dibanding kasus positif Covid-19 di Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Bukan hanya kemarin, pada Sabtu, 27 Juni 2020, angka kasus positif Covid-19 di Jatim juga menjadi yang tertinggi. Lonjakan kasus positif di Jatim pada 27 Juni 2020 mencapai 277 kasus. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menekan penyebaran kasus corona di Jatim?

Epidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani mengusulkan agar pemerintah meningkatkan surveilans atau proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interprestasi data secara sistemik serta terus menerus, untuk menekan angka kasus Covid-19 di Jatim

"Yang dilakukan Jatim yaitu peningkatan surveilens dan fasilitas kesehatan. Karena PSBB sudah tidak lagi dijalankan sehingga Jatim harus lebih meningkatkan dan memasifkan pemeriksaan dan kontak tracing yang lebih diagresifkan," kata Laura kepada Okezone, Senin (29/6/2020).

Jika melihat kondisi masyarakat saat ini yang sudah tidak lagi peduli terhadap Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah diminta untuk lebih meningkatkan pemeriksaan serta pelacakan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pengidap Covid-19.

Selain itu, Laura juga meminta agar pemerintah menyiapkan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit rujukan, rumah sakit darurat dan rumah isolasi dengan memaksimalkan jumlah bed, ruang ICU dan ventilator untuk penanganan kasus Covid-19.

Baca Juga : 148 Pasien Covid-19 yang Dirawat di RS Lapangan Dinyatakan Sembuh

Baca Juga : Bahayakah Pakai Masker saat Berolahraga?

"Harapannya, dengan menjaring kasus sebanyak-banyaknya yang masih berkeliaran bebas di masyarakat dan segera mendapat penanganan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Laura.

"Dalam sepekan kasus Covid-19 tinggi karena masifnya pemeriksaan dengan harapan sumber penularan ditemukan sebanyak-banyaknya dan penyebaran bisa dicegah sehingga pengendalian kasus Covid-19 bisa dilakukan," imbuhnya.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini