Pasien Positif Covid-19 Melonjak, Pemkot Malang Tambah Ruang Isolasi

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 03 Juli 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 519 2240809 pasien-positif-covid-19-melonjak-pemkot-malang-tambah-ruang-isolasi-2Aq7mvz7QL.jpg

KOTA MALANG - Terus bertambahnya pasien positif Covid-19 di Kota Malang membuat tim gugus tugas menyiapkan ruang isolasi baru yang dipinjam dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Ruang isolasi bagi pasien positif corona ini menempati Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur yang berada di Jalan Kawi nomor 41 Kota Malang.

Tampak puluhan bed di beberapa ruangan isolasi sudah siap digunakan. Beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti hand sanitizer, bilik antiseptik corona, kamar mandi pasien, tempat jemuran, tempat handuk, dan poli umum untuk pemeriksaan kesehatan, juga tampak siap digunakan. Ruang isolasi ini ssendiri diklaim mampu menampung 60 – 76 orang pasien positif corona.

Bahkan guna memastikan kesiapan ruang isolasi pasien corona di BPSDM Kota Malang, Wakil Walikota (Wawali) Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto melakukan peninjauan pada Jumat siang (3/7/2020).

“Kita sudah cek secara langsung dan kami nyatakan ruang isolasi ini siap untuk digunakan menampung pasien Covid-19,” ujar Wawali Sofyan Edi Jarwoko.

Menurutnya, simulasi kedatangan pasien Covid-19 sejak kedatangan hingga berada di dalam kamar isolasi juga telah dilakukan petugas gabungan, baik dari tenaga medis yang dibantu oleh kepolisian dan TNI.

“Kita cek lansgung mulai dari simulasi pasien datang, diterima di tempat penerimaan pasien, masuk ke ruang poli disambut tenaga medis yang ber-APD standar tiga,dilakukan pemeriksaan, kemudian baru ditempatkan akan ditempatkan di kamar berapa mereka menginap dan diisolasi,” terang pria yang disapa Bung Edi.

Bung Edi memaparkan bila setidaknya 46 bed tersedia di BPSDM ini, dengan rincian 16 bed di lantai bawah dan 30 bed lebih di lantai atas.

“Perawatan poli sudah siap, mulai dari tenaga medisnya maupun peralatan – peralatan yang lain, yang di bawah 16 bed, kemudian di atas ada sekitar 30 lebih bed yang disiapkan,” ucapnya.

Untuk tenaga medis yang disiagakan lanjut Bung Edi sejumlah 37 orang yang terdiri dari tenaga medis dari dokter dan perawat dari RSUD Kota Malang dan Yonkes Kostrad TNI. Beberapa fasilitas bagi tenaga medis, mulai tempat istirahat, kamar mandi, dan ruang cuci juga telah siap dan dipisahkan dari pasien positif corona yang diisolasi.

“Ada 37 tenaga medis, tempat istirahat tenaga medis juga sudah disiapkan, sudah representatif,” tukasnya.

Di Kota Malang sendiri hingga Jumat siang 3 Juli 2020 terdapat 217 pasien positif corona, dengan 17 orang meninggal dunia, 60 orang dinyatakan sembuh, dan 140 orang menjalani perawatan.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini