Gugus Tugas Jatim Dapat Bantuan Obat untuk Sembuhkan Covid-19

Syaiful Islam, Okezone · Sabtu 04 Juli 2020 01:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 519 2240969 gugus-tugas-jatim-dapat-bantuan-obat-untuk-sembuhkan-covid-19-nfuzhm893U.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

SURABAYA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim mendapat bantuan obat anti Covid-19, Jumat (3/7/2020). Obat ini dinilai ampuh untuk mengobati pasien yang terpapar positif Covid-19. Banyak pasien Covid-19 sembuh usai diberi obat tersebut.

Obat itu bernama Favipiravir atau Avigan. Gugus Tugas Jatim sendiri mendapat bantuan 100 ribu tablet Avigan. Ratusan ribu tablet Avigan ini bantuan dari Persatuan Rumah Sakit BUMN atau Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (PIHC).

Koordinator Penelitian Rumah Sakit BUMN IHC, dr Dante Saksono Harbuwono, menyatakan sampai kini hanya obat ini yang bekerja aktif sebagai anti virus dan sangat efektif. Obat ini juga sudah lulus uji klinis dan disetujui oleh BPOM untuk diedarkan secara massal pada publik.

"Indonesia mendapatkan 500 ribu tablet Avigan dari 900 ribu tablet obat buatan Jepang ini. Lalu 100 ribu diantaranya dikirim ke Jatim," terang Dante.

 

Menurut Dante, Provinsi Jatim mendapatkan bantuan Avigan dengan jumlah yang cukup banyak, lantaran angka penularan Covid-19 di Jatim paling tinggi dibandingkan provinsi yang lain di negeri ini.

“Obat ini adalah obat yang bekerja aktif sebagai antivirus. Obat aktif yang kita punya sebagai antivirus ini diberikan secara oral,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengaku senang dengan adanya bantuan obat tersebut. Diharapkan bantuan ini bisa meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian pasien Covid-19 di Jatim.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuan ini, semua punya atensi yang sama untuk meningkatkan kesembuhan," ujar Khofifah.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini