Banjir Jepang Terjang Panti Jompo, Tewaskan 14 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 05 Juli 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 18 2241418 banjir-jepang-terjang-rumah-panti-jompo-tewaskan-14-orang-qZUSO2bz8D.jpg Ilustrasi.

KUMAMOTO - Lima belas orang diyakini tewas dan sembilan lainnya hilang di Pulau Kyushu, Jepang selatan, saat hujan lebat menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Diwartakan BBC, 14 korban ditemukan di panti jompo dilanda banjir sementara seorang korban tewas lainnya ditarik dari tanah longsor. Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi mengenai kematian para korban.

Pihak berwenang telah memerintahkan lebih dari 200.000 untuk mengungsi dan 10.000 tentara dikirim untuk membantu penyelamat.

Hujan deras diperkirakan akan terus berlanjut hingga Minggu (5/7/2020), sementara Perdana Menteri Shinzo Abe mendesak warga agar waspada.

Sungai Kuma di Kumamoto, Jepang meluap. (AFP)

Prefektur Kumamoto dan Kagoshima adalah wilayah yang terkena dampak terburuk dari bencana ini.

Gubernur Kumamoto, Ikuo Kabashima, mengatakan kepada wartawan bahwa para korban di panti jompo telah ditemukan dalam keadaan tidak dapat bernafas, sebuah istilah yang digunakan di Jepang sebelum seorang dokter secara resmi menyatakan kematian.

Sebuah rekaman menunjukkan sebuah jembatan di atas Sungai Kuma hanyut akibat banjir, dengan foto-foto lain memperlihatkan mobil dan rumah yang terendam.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan curah hujan seperti itu belum pernah terlihat sebelumnya di wilayah tersebut.

Seorang wanita yang mengungsi di pusat evakuasi mengatakan dia tidak pernah membayangkan hujan bisa begitu kuat, sementara yang lain mengatakan dia bisa merasakan getaran air yang bergejolak dari sungai terdekat.

"Saya melihat pohon-pohon besar dan bagian-bagian rumah tersapu dan mendengar mereka menabrak sesuatu. Udara dipenuhi dengan bau gas bocor dan selokan," kata Haruka Yamada, seorang warga di Ashikita di Prefektur Kumamoto kepada Kyodo.

Penyiar NHK mengatakan ada laporan bahwa delapan rumah di Distrik Takinoue kota itu hanyut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini