Ribuan Peserta UTBK di Universitas Brawijaya Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 05 Juli 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 65 2241446 ribuan-peserta-utbk-di-universitas-brawijaya-wajib-patuhi-protokol-kesehatan-BCp9PkCgHV.jpg Peserta UTBK di Unibersitas Brawijaya wajib patuhi protokol kesehatan (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG - Puluhan ribu peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mengikuti seleksi di dua kampus yang ada di Malang. Di Universitas Brawijaya (UB), sejak Minggu (5/7/2020) pagi para peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur sudah mulai berdatangan.

Kedatangan peserta lebih awal ini sebagai salah satu persyaratan dari panitia, dimana peserta diwajibkan tiba satu jam lebih awal dari jadwal seleksi. Seleksi UTBK di hari pertama sendiri dibagi dua sesi, sesi pertama dilakukan sejak pukul 09.00-11.15 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 14.00 - 16.15 WIB.

Tak hanya itu, peserta juga diberlakukan protokol kesehatan yang ketat, para pengantar peserta tak diperkenankan masuk ke area kampus. Pengantar baik orang tua maupun keluarga hanya boleh mengantarkan putra putrinya di gerbang masuk di Jalan Veteran.

Peserta UTBK di Unbraw wajib patuhi protokol kesehatan (Foto : Okezone.com/Avirista)

Sementara itu saat memasuki area kampus para peserta menjalani pengecekan suhu tubuh dan diwajibkan mencuci tangan. Peserta UTBK yang tak mengenakan masker dan terdeteksi memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat, juga tak diperbolehkan masuk area kampus. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.

Ketua Pusat UTBK Universitas Brawijaya Prof. Dr. Aulann'iam mengatakan pelaksanaan UTBK tahun ini memang sangat berbeda dibandingkan tahun - tahun sebelumnya. Hal ini lantaran pelaksanaan tes masih di saat pandemi Covid-19, sehingga protokol - protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat.

"Kita harus mempersiapkan protokol kesehatan karena UTBK dilakukan di masa Pandemi Covid-19 yang banyak terjadi," ungkapnya.

Protokol kesehatan Covid-19 lanjut Aulann'iam juga diberlakukan kepada seluruh panitia dan pengawas ujian. Dimana sebelum ujian seluruh panitia dan pengawas dilakukan rapid test massal pada Kamis dan Jumat 2-3 Juli 2020.

"Panitia dan pengawas UTBK juga tak luput dari protokol kesehatan, pada Kamis dan Jumat kemarin juga kami lakukan rapid test massal untuk memastikan seluruhnya dalam keadaan sehat," tuturnya.

Baca Juga : Update Kasus Corona Jakarta 5 Juli: Positif 12.295, Sembuh 7.663 dan Meninggal 658

Baca Juga : 10 Makam Pasien Positif Covid-19 di Bandung Dibongkar, Jenazah Dipindahkan Keluarga

Dirinya menambahkan sterilisasi juga dilakukan di ruangan - ruangan UTBK dengan penyemprotan disinfektan dan mengatur jarak antar peserta UTBK.

Sebagai informasi pelaksanaan UTBK di Malang diselenggarakan di dua kampus yakni UB dan Universitas Negeri Malang (UM) dilakukan sejak Minggu 5 Juli ini hingga 14 Juli mendatang untuk tahap pertama dan 20 - 29 Juli 2020 untuk tahap kedua. UB sendiri menyediakan 1.090 komputer di 56 laboratoriumnya yang ada di 17 lokasi di dalam kampus UB. Jumlah peserta UTBK di UB sendiri mencapai 19.859 orang.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini