Server UTBK di UNS Surakarta Sempat Terputus 20 Menit

Bramantyo, Okezone · Minggu 05 Juli 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 65 2241482 server-utbk-di-uns-surakarta-sempat-terputus-20-menit-EklTHYCtkt.jpg UTBK di UNS Surakarta sempat diwarnai putusnya server selama 20 menit (Foto : Okezone.com/Bramantyo)

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta gelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di UNS pada Minggu (5/7/2020). Namun, saat tes berlangsung, sekira pukul 10.25 WIB mendadak server terputus sekitar 20 menit.

Dijelaskan Rektor UNS Solo Profesor Jamal Wiwoho, pusat server sendiri berada di Unpad Bandung. Dirinya langsung berkomunikasi dengan pihak terkait langsung bertindak cepat untuk perbaikan server yang terputus.

"Dengan kejadian tersebut kita minta pada pengawas untuk menambah waktu lagi selama 20 menit lagi pada peserta UTBK," ujarnya kepada awak media, Minggu (5/7/2020).

Pihak UNS sendiri sudah mempersiapkan maksimal untuk pelaksanaan UTBK di tengah pandemi Covid-19. Dengan menyediakan fasilitas kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Di kampus UNS, protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 tetap diberlakukan. Semua harus menggunakan masker, dan sebelum masuk ruangan ujian akan dilakukan pengecekan suhu badan. "Jika suhunya 38 lebih, dilarang untuk mengikuti ujian di sesi ini. Bagi seluruh panitia wajib menggunakan face shield sabagai salah satu Alat Pelindung Diri (APD)," tuturnya.

Sementara itu, bagi para peserta UTBK diberi fasilitas sarung tangan gratis. Dan disetiap lokasi ujian dilengkapi dengan thermogun, hand sanitizer, wastafel, dan ruang transit peserta yang ditata sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga : Ribuan Peserta UTBK di Universitas Brawijaya Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Baca Juga : Data IKAPPI: 833 Pedagang Pasar Positif Corona, 35 Meninggal

Dalam tes yang digelar hari ini, ada satu perserta dari Ngawi yang terpaksa ditolak ikut. Pasalnya, perserta UTBK tersebut tidak membawa surat keterangan hasil Rapid tes. Namun, perserta itu masih diperbolehkan ikut jadwal cadangan UTBK.

"Ini kami lakukan agar pelaksanaan UTBK yang diikuti perserta baik dari Solo maupun luar Solo, menjadi klauster baru penyebaran COVID-19," terangnya.

Demikian juga dengan tata ruang UTBK diatur sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar peserta minimal 1,5 meter arah kanan-kiri dan depan-belakang. "Ini dilakukan supaya tidak menjadikan cluster baru Covid-19,” tegas sang rektor.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini