Pejabat Badan Antariksa Rusia Ditangkap Atas Tuduhan Pengkhianatan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 07 Juli 2020 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 18 2242581 pejabat-badan-antariksa-rusia-ditangkap-atas-tuduhan-pengkhianatan-bYy4FwC1b9.jpg Foto: Okezone.

MOSKOW - Seorang juru bicara kepala badan antariksa Rusia telah ditangkap karena tuduhan pengkhianatan. Penangkapan Ivan Safronov diumumkan Roskosmos dalam sebuah pernyataan pada Selasa (7/7/2020).

Dalam pernyataan tersebut, Roskosmos mengatakan bahwa penangkapan sang mantan jurnalis tidak terkait dengan pekerjaannya saat ini di badan antariksa itu. Ada spekulasi bahwa dia ditahan karena pekerjaan sebelumnya yang melaporkan urusan militer.

Safronov bekerja di harian bisnis Kommersant dan Vedomosti sebelum bergabung dengan Roskosmos pada Mei.

Roskosmos mengatakan bahwa pihaknya membantu para penyelidik dengan pemeriksaan mereka.

Pada Juni 2019, dimulai proses pengadilan terhadap dugaan pengungkapan informasi rahasia negara oleh Kommersant, demikian diwartakan BBC.

Informasi yang dilaporkan berkaitan dengan artikel yang ditulis bersama oleh Safronov tentang pengiriman pesawat tempur Su-35 ke Mesir oleh Rusia. Laporan itu kemudian dihapus dari situs web Kommersant.

Ayah Safronov, juga bernama Ivan, adalah jurnalis militer terkenal di Kommersant.

Dia meninggal setelah jatuh dari lantai lima sebuah gedung apartemen Moskow pada 2007.

Ivan Safronov senior telah menyelidiki klaim penjualan senjata Rusia yang direncanakan ke Suriah dan Iran pada saat kematiannya, kata Kommersant.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini