Kasus Virus Corona Global Tembus 12 Juta, Setengahnya di Amerika Latin

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 09 Juli 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 18 2243570 kasus-virus-corona-global-tembus-12-juta-setengahnya-di-amerika-latin-C30BbnSlp6.jpg Foto: Okezone.

KASUS global virus corona telah melebihi 12 juta pada Rabu (8/7/2020) di saat bukti-bukti menunjukkan virus itu bisa menyebar melalui udara. Penyakit ini telah menewaskan lebih dari setengah juta orang dalam tujuh bulan sejak pertama kali menyebar di Kota Wuhan, China.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah kasus virus corona saat ini tiga kali lipat dari penyakit influenza parah yang dicatat setiap tahunnya.

Sejauh ini ada lebih dari 546.000 kematian terkait dengan Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona baru. Kematian pertama dilaporkan pada 10 Januari di Wuhan, Cina sebelum infeksi dan kematian melonjak di Eropa dan kemudian di Amerika Serikat.

Jumlah kasus virus corona tertinggi tercatat di Amerika Serikat yang melaporkan total 3 juta kasus pada Selasa (7/7/2020), disusul Brasil dengan 1,7 juta kasus dan India dengan hampir 800 ribu kasus infeksi virus corona.

Penghitungan Reuters, yang didasarkan pada laporan pemerintah, menunjukkan penyakit ini menyebar tercepat di Amerika Latin, yang mencatat lebih dari setengah total infeksi dan kematian Covid-19 global.

India, negara dengan jumlah infeksi tertinggi ketiga, juga masih berjuang melawan berjangkitnya Covid-19, dengan lebih dari 20.000 kasus baru infeksi virus corona setiap harinya.

Di negara-negara dengan kapasitas pengujian terbatas, jumlah kasus hanya mencerminkan sebagian dari total infeksi. Para ahli mengingatkan bahwa data resmi kemungkinan besar tidak mewakili kasus dan kematian yang sebenarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini