Sekolah di Tengah Pandemi, Guru di Malang Door to Door ke Rumah Siswa

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 09 Juli 2020 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 519 2243871 sekolah-di-tengah-pandemi-guru-di-malang-door-to-door-ke-rumah-siswa-U56ULBOrJg.jpg Foto: Istimewa

MALANG – Belajar di rumah saat masa pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah bagi sebagian siswa. Tak semua anak mampu menjangkau akses pembelajaran secara online lantaran terkendala jaringan internet hingga anak atau orangtua yang belum memiliki gawai.

Oleh karena itu selama masa pandemi ini salah satu sekolah di Kabupaten Malang yakni MTSN 6 Malang melakukan inovasi pembelajaran dengan program anjangsana edukasi atau door to door, guru mendatangi siswa.

Meskipun saat ini memasuki masa liburan, tak membuat pihak sekolah menghentikan kegiatan ini. Bahkan tak kurang dua kali dalam seminggu, pengajar sekolah mendatangi rumah siswanya sambil mengajak belajar dan bermain.

Selain itu program ini supaya memberikan kenyamanan bagi siswa agar tak depresi berada di rumah terus selama masa pandemi.

Kepala Sekolah MTSN 6 Malang dr. Sutirjo mengatakan program anjangsana merupakan layanan belajar siswa dengan cara mendatangi rumah siswa, tempat bermain, bahkan membantu pembelajaran anak–anak saat tengah membantu orang tuanya di sawah atau warung.

“Percikan atau tetesan kreatif anak pasti akan muncul tak terduga, bersyukur jika itu semburan kreatif yang muncul belajar di kala pandemi. Jadi siswa tidak perlu risau harus meninggalkan pelajaran saat bermain atau membantu orang tuanya,” ujar Sutirjo melalui keterangan tertulisnya pada Senin (29/6/2020).

Baca Juga: Siswa di Zona Hijau Covid-19 Bisa Sekolah Lagi, Dokter Reisa Sebut 6 Syaratnya 

Sutirjo menambahkan program sekolah mendatangi lokasi–lokasi siswanya ini juga untuk memastikan setiap siswa MTSN 6 Malang dan keluarganya tetap sehat di tengah wabah pandemi corona.

“Ini upaya kami menanamkan pada diri siswa bahwa guru selalu hadir serta mendukung siswanya, sehingga siswa merasa nyaman meski belajar tak bertatap muka di sekolah,” terangnya.

Pihaknya juga turut mengingatkan terus para siswa dan orangtua akan bahaya virus corona dan cara pencegahan dengan mematuhi protokol – protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, mulai sering mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak aman.

“Sambil kami mengingatkan siswa dan keluarganya untuk terus disiplin mengikuti protokol kesehatan dan menjaga kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang siswa MTSN 6 Malang bernama Alvin mengaku senang dengan kedatangan pengajarnya ke rumah. Mengingat dengan belajar bersama guru dan beberapa temannya mampu mengobati rasa rindu bertemu pengajar dan suasana sekolah.

“Suka kalau lagi belajar bersama guru di lapangan sambil bermain. Kangen karena sudah lama tidak belajar tatap muka. Ya syukur bisa ketemu bu guru meski sebentar,” tukas siswa kelas VIII ini.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini