Rentan Membuat Kerumunan, Kemendikbud Tak Izinkan Sekolah Gelar MPLS Tatap Muka

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 13 Juli 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 65 2245607 rentan-membuat-kerumunan-kemendikbud-tak-izinkan-sekolah-gelar-mpls-tatap-muka-WofkMievUB.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak memperbolehkan sekolah untuk menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Sekolah (MOS) tahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut dikarenakan imbas dari pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengungakpkan, alasan pihaknya melarang kegiatan MPLS secara tatap muka cenderung membuat kerumunan dan tidak sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

"MPLS yang mengumpulkan siswa, termasuk di daerah hijau tidak diperbolehkan," ujar Hamid saat dikonfirmasi Okezone di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Dia pun menyarankan agar kegiatan MPLS di semua sekolah baik di zona hijau, kuning, orange dan merah, dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) ataupun luring (luar jaringan).

"Secara daring atau luring boleh di semua zona," beber Hamid.

Baca Juga: Wali Kota Tangerang Akan Cabut Izin Sekolah yang Lakukan KBM Tatap Muka

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan tanggal 13 Juli 2020 masuk sekolah tahun ajaran baru untuk PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA.

Tidak semua sekolah dan daerah dibolehkan untuk melakukan proses belajar mengajar tatap muka. Kemendikbud menetapkan hanya daerah zona hijau boleh sekolah tatap muka.

Penetapan daftar zona hijau kabupaten dan kota oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini