Universitas Gunadarma Menjadi Pembina PTS di Daerah 3T

Karina Asta Widara , Okezone · Kamis 30 Juli 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 1 2254462 universitas-gunadarma-menjadi-pembina-pts-di-daerah-3t-suIbu52pih.jpg Foto : Dok Okezone

“Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi”

Ya, itulah salah satu misi Universitas Gunadarma yang turut andil dalam kegiatan penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pembinaan kepada Perguruan Tinggi Swasta di kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar)

Pada tahun 2018, Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, mempercayakan Universitas Gunadarma sebagai salah satu pemenang Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul.

Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul Universitas Gunadarma ini diselenggarkan bersama 29 Perguruan Tinggi lain yang memiliki akreditasi Institusi A. UG melakukan MoU dengan STIM dan AKMEN Bumi Sebalo Bengkayang, Kalimantan.

Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul ini sekaligus diselenggarakan untuk memfasilitasi perguruan tinggi unggul (A) untuk mengasuh (membimbing) perguruan tinggi lain yang mutunya masih perlu ditingkatkan.

Pada tahun 2018 Perguruan Tinggi yang diasuh ada 5, yakni Universitas Halmahera, Universitas Nuku, dan Universitas Pasifik Morotai di Provinsi Maluku Utara, Akademi Manajemen Bumi Sebalo Bengkayang serta Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana di Bengkayang Kalimantan Barat, dimana Kabupaten Morotai dan Kabupaten Bengkayang termasuk daerah tertinggal.

Kegiatan yang dilakukan dalam program asuh Perguruan Tinggi unggul di antaranya magang, workshop, lokakarya untuk peningkatan mutu Perguruan Tinggi asuhan, kerjasama di bidang penelitian, peningkatan sumber daya manusia, penyediaan fasilitas layanan sistem informasi.

Program Pemerintah ini diharapkan menjadi pemicu bagi Perguruan Tinggi Asuhan agar terus dapat meningkatkan mutu Perguruan Tinggi dalam pendampingan Universitas Gunadarma.

Kerjasama antara dua perguruan tinggi dilaksanakan untuk jangka waktu 5 tahun pada periode 2018-2023. Dalam program pembinaan tersebut, juga digelar Lokakarya Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi Melalui Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dan Layanan Pembelajaran Berbasis TIK.

Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi BAPSI Gunadarma Universitas Prof Budi Hermana mengatakan, UG sudah tiga tahun berturut-turut membantu pemerintah dalam membina perguruan tinggi swasta, khususnya di daerah 3T.

“Program ini diselenggarakan sebagai langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi dalam menumbuhkan budaya mutu, melalui penerapan sistem penjaminan mutu internal,” jelasnya.

UG juga turut serta dengan Universitas Ratu Samban Bengkulu menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi melalui implementasi SPMI dan Layanan Pembelajaran Berbasis TIK pertengahan tahun 2019.

Kegiatan Program Asuh ini sangat penting karena Perguruan Tinggi unggul akan melakukan pendampingan ke perguruan tinggi asuhan dengan memfasilitasi pelatihan dan pendampingan implementasi.

Untuk kamu yang mau kuliah, enggak usah ragu lagi untuk memilih Universitas Gunadarma. Raih masa depanmu bersama Universitas Gunadarma.CM

(yao)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini