Banyak Perantau Pulang Kampung, Terminal Cirebon Disemprot Disinfektan

Fathnur Rohman, Okezone · Kamis 30 Juli 2020 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 525 2254480 banyak-perantau-pulang-kampung-terminal-cirebon-disemprot-disinfektan-rp6DThzRDK.jpg

CIREBON - Satu hari jelang lebaran Idul Adha 1441 H, Sat Lantas Polres Cirebon Kota melakukan pemeriksaan kendaraan bus dan pengecekan protokol kesehatan di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/7/2020).

Menurut Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama, pengecekan itu bertujuan untuk memeriksa kesiapan kendaraan bus yang akan dipakai oleh pemudik. Selain itu, pihaknya juga mengecek jalannya penerapan protokol kesehatan di Terminal Harjamukti.

Habibi menjelaskan, penerapan protokol kesehatan di Terminal Harjamukti sangat penting untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Sebab, satu hari menjelang lebaran Idul Adha 1441 H, banyak perantau yang mudik ke kampung halamannya melalui Terminal Harjamukti.

Selain mengecek penerapan protokol kesehatan, kata dia, Sat Lantas Polres Cirebon Kota serta dinas terkait lainnya, melakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap sudut Terminal Harjamukti. Ia berharap supaya para pemudik yang berangkat dari Terminal Harjamukti selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Pada hari ini melakukan pengecekan kendaraan dan perorangan. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona. Kami mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan," kata Habibi kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Habibi melanjutkan, sejak Kamis pagi, volume kendaraan di Jalur arteri Pantai Utara (Pantura) Kota Cirebon, Jawa Barat sudah ramai dipadati pemudik. Menurutnya, hingga saat ini arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar.

Guna memantau arus lalu lintas, sambung Habibi, pihaknya mendirikan dua pos penjagaan di dua lokasi. Yakni di Kedawung dan Kanggraksan, Kota Cirebon. Ia menyebut, volume kendaraan yang melintas di Jalur arteri Pantura Kota Cirebon didomimasi oleh kendaraan roda dua.

"Di Pantura roda dua masih banyak. Diperkirakan hari ini puncaknya. Bisa juga besok karena weekend. Untuk arus balik kita perkirakan hari Minggu," pungkas Habibi.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini